Selasa, 26 September 2023

Tiga Peningkatan Kesalehan Sosial

Diunggah pada : 14 April 2023 23:54:37 72
Kajian yang disampaikan oleh Robbah Khumaidi, M.E.I d Masjid Raya Islamic Center Surabaya, Jumat (14/4/2023), Foto: Tryatmoko, JNR

Jatim Newsroom - Kajian atau tausiyah menjelang berbuka puasa di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur, Jalan raya Dukuh Kupang Surabaya pada hari Jumat (14/4 2023) mengusung tema "Meningkatkan Kesalehan Sosial Di dalam dan Pasca Bulan Ramadan yang disampaikan oleh Robbah Khumaidi, M.E.I.

Robbah Khumaidi mengatakan, peningkatan amal kesalehan sosial yang pertama adalah tentang zakat, infaq dan shodaqoh. Kalau niat zakat berarti juga itu untuk zakat, tapi untuk infaq dan shodaqoh niatnya beda lagi. Zakat adalah kewajiban yang sifatnya wajib seperti zakat fitrah, adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim yang sudah baliq, kalau infaq dan shodaqoh itu hukumnya sunnah.

"Zakat, infaq, shodaqoh hendaknya didistribusikan atau disalurkan pada lembaga-lembaga yang kompeten sehingga tanggung jawab sosial kita terhadap masyarakat yang membutuhkan lebih bisa dipercaya," jelasnya.

"Peningkatan amal kesalehan sosial kita yang ke dua adalah ilmu yang bermanfaat di mana ilmu yang bermanfaat ini patut kita berikan kepada anak didik kita untuk memotivasi agar menuntut ilmu setinggi langit karena ilmu yang bermanfaat itu tidak kemudian selesai ketika orang itu sudah meninggal. Peningkatan kesalehan sosial yang ke tiga adalah anak sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya, baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal karena sukses tidaknya anak adalah berkat doa kedua orang tuanya," ucapnya. 

"Untuk meningkatkan kesalehan sosial kita, terlepas dari pintu individu maka yang paling penting adalah konsep kepekaan sosial kita terhadap tetangga atau masyarakat kita, sehingga kemudian kita menjadi pribadi yang mutaqin atau pribadi yang bertaqwa. Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat di bulan suci Ramadhan ini," tutupnya. (yan/n)

#Diskominfo Jatim