Jumat, 29 Maret 2024

Telkom Dukung Pembangunan Sarana Umum Berkelanjutan di Pedesaan

Diunggah pada : 14 Februari 2023 15:39:17 106
Salah satu implementasi program pembangunan fasilitas umum yang dijalankan oleh Telkom di Sukabumi berupa perbaikan jembatan gantung untuk dapat memastikan keamanan masyarakat desa dalam menyebrangi sungai.

Jatim Newsroom - Sepanjang 2022, Telkom telah melaksanakan program pembangunan terhadap 15 desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam implementasinya, Telkom memprioritaskan dalam pembangunan akses jalan menuju fasilitas pendidikan dan pusat perekonomian bagi masyarakat desa untuk dapat dipastikan kelayakan dan keamanannya.

SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto mengatakan, Selasa (14/2/2023) mengatakan, Telkom optimis terus mendorong pembangunan fasilitas sarana umum ataupun tempat tinggal bagi masyarakat dan desa yang memerlukan peremajaan. "Program pembangunan ini tentunya akan terus dilakukan secara berkelanjutan dengan  mengutamakan pendekatan bisnis perusahaan,” ujar Hery.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai BUMN penggerak ekonomi nasional berkomitmen tidak hanya dalam penguatan digital namun juga pemerataan pembangunan infrastruktur dan sarana umum. Hal ini merupakan langkah nyata Telkom untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kinerja pembangunan dalam negeri yang merata. Pembangunan infrastruktur dan sarana umum dilakukan melalui berbagai program berkelanjutan yang berfokus pada akses infrastruktur di pedesaan.

Kontribusi Telkom dalam pembangunan sarana umum di pedesaan mencakup pembangunan jembatan, pembangunan dan perbaikan jalan, pendirian fasilitas penunjang jalan, serta fasilitas penerangan jalan umum. 

Dukungan Telkom pada pembangunan infrastruktur dan sarana umum juga dilaksanakan melalui program bedah rumah dan sarana pemukiman bagi warga desa pada remote area. Program tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk  membantu masyarakat  meningkatkan taraf hidup dengan memiliki tempat tinggal yang layak. 

Selain itu, Telkom juga melakukan pembangunan sarana umum khususnya dalam perbaikan rumah ibadah di sekitar pemukiman. Pada 2022, tercatat sebanyak 30 unit rumah berhasil dilakukan perbaikan serta lebih dari 100 rumah ibadah dan akses jalan yang diperbaiki.

Kedua program tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam mencapai sasaran Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-11 dalam mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan serta keberlanjutan dan kualitas lingkungan hidup sosial bermasyarakat. Dengan ini, Telkom dapat lebih banyak terlibat secara langsung dalam pembangunan masyarakat dan dapat memberikan dampak positif lebih besar bagi masyarakat yang selaras dengan penerapan Environmental, Social, dan Governance (ESG). (jal/hjr)

 

 

#telkom