Senin, 2 Oktober 2023

Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Ponorogo Pasang Trafic Light di Simpang Empat Brahu

Diunggah pada : 16 Mei 2023 6:37:06 46
Petugas Dishub bersama anggota Satlantas Polres Ponorogo saat uji coba traffic light, Senin (15/5/2023).

Jatim Newsroom - Tingkat kepadatan lalu lintas di simpang empat Brahu, Kecamatan Siman, Ponorogo, dinilai sudah tinggi. Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo akhirnya memasang traffic light di persimpangan jalan itu untuk mengendalikan lalu lalang kendaraan. Petugas Dishub bersama anggota Satlantas Polres Ponorogo turun ke lokasi saat uji coba traffic light tersebut berlangsung, Senin (15/5/2023). 

Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Ponorogo, Setiyo Hari Sujatmiko, mengatakan, pihaknya sering mendapat pengaduan masyarakat tentang kecelakaan lalu lintas di simpang empat Brahu.  Pemasangan traffic light sebagai penanda kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah segera dilakukan. ‘’Untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas,’’ kata Miko –sapaan Setiyo Hari Sujatmiko. 

Pemasangan traffic light itu juga dilengkapi zebra cross (tempat penyeberangan pejalan kaki). Miko menyebut pada jam-jam sibuk, seperti pukul 06.00 hingga pukul 08.00, arus lalu lintas di simpat empat Brahu semakin padat. Demikian pula pada jam pulang sekolah dan jam pulang kantor. Dishub menyikapinya dengan mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. ‘’Kami pasangi traffic light,’’ jelasnya. 

Miko mengungkapkan, simpat empat Brahu masuk jalur alternatif Ponorogo menuju Trenggalek. Di dekat lokasi juga terdapat kantor  salah satu bank dan deretan toko sehingga menambah kepadatan arus lalu lintas. Dishub sudah menghitung dengan seksama lama kendaraan harus berhenti ketika lampu merah menyala. ‘’Kami hitung kendaraan dari jalan desa yang akan menyeberang jalan raya perlu berhenti selama 30 detik,’’ ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo