Minggu, 29 Januari 2023

Tarian Kolosal Sumpah Amukti Palapa Awali Kemeriahan Upacara HUT Ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya

Diunggah pada : 17 Agustus 2022 8:40:00 78
Tarian kolosal Sumpah Amukti Palapa di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya jelang pembacaan detik-detik Proklamasi dan Upacara HUT Ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Foto: Rafli JNR

Jatim Newsroom - Tarian kolosal Sumpah Amukti Palapa mengawali dan memeriahkan jelang puncak Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi, Rabu (17/8/2022).

Tarian ini menceritakan bahwa Persada Nusantara pernah mengalami kejayaan di masa lampau, tata tentrem kerja raharja, gemah ripah lohjinawi. Kerajaan Majapahit begitu masyur sebagai sebuah kekaisaran besar dan tangguh yang mampu mempersatukan persada Nusantara berkat tekad Sumpah Palapa Majapahit Gajah Mada yang dikenal sebagai politikus handal dalam membangun managemen pemerintahan, wawasan kenegaran, strategi militer, politik kebangsaan dan hubungan internasional. 

Di tangan Gajah Mada, Majapahit mencapai zaman keemasan, menjadi Negara adi daya, negeri yang disegani oleh bangsa-bangsa asing. Prestasi gemilang Maha Patih Mangku Bumi yang sepenuhnya hanya dipersembahkan kepada bumi pertiwi yang kini kita warisi sebagai Nusantara ini merupakan cerminan politikus ulung yang berkarakter negarawan tulen, tidak oportunis, memiliki loyalitas dan semangat nasionalisme tinggi, jauh melampaui ambisi pribadi dan kepentingan kelompoknya.

Selain tarian tersebut, penampilan Reog Ponorogo serta penampilan drum band yang dibawakan SMAN Taruna Brawijaya, juga ikut memeriahkan.

Upacara detik-detik proklamasi akan dimulai pukul 10.00 WIB dan dipimpin oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai inspektur upacara. (jal/n)

 

#HUT Kemerdekaan RI  Ke-77