Sabtu, 20 April 2024

Tangani Penyakit Mulut dan Kuku, Bupati Lumajang Gunakan Anggaran BTT

Diunggah pada : 8 Juni 2022 14:34:25 258
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq

Jatim Newsroom - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berencana akan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk mengatasi serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak. Dimana dana tersebut dibutuhkan untuk membeli obat-obatan antibiotik, termasuk cairan disenfektan.

"Untuk dana BTT ini pihak Pemkab Lumajang berkoordinasi bersama Kajari Lumajang Eko Riendra Wiranto, untuk koordinasi ini sudah sesuai intruksi Gubernur Jatim dan Kajati untuk BTT saat di rapat koordinasi PMK di Malang beberapa waktu lalu,"ujar Thoriqul Haq dikonfirmasi, Rabu (8/6/2022).

Dikatakannya, penggunaan BTT harus mendapat pengawalan dari Kejaksaan Negeri Lumajang merupakan sebuah prosedural. Tujuannya supaya tidak ada pihak-pihak yang menduga dana darurat itu digunakan hal-hal lain di luar penanganan PMK.

Menurutnya, wacana menggunakan anggaran BTT merupakan solusi alternatif untuk menangkal PMK agar tidak semakin menyebar. Sebab, hingga sekarang hewan ternak yang terinfeksi sudah mencapai 3.000 ekor. Sedangkan kabarnya vaksin PMK dari pemerintah pusat baru terdistribusi ke daerah mulai Agustus mendatang.

Cak Thoriq sapaan akrabnya Bupati Lumajang ini, secepatnya melakukan rakor dengan tim satgas PMK. Hal itu untuk menentukan usulan anggaran yang diperlukan. (Pca/hjr)

#Pemkab Lumajang #PMK