Jumat, 19 April 2024

Tanamkan PHBS, UPT PPSPA Batu Beri Penyuluhan Kesehatan Peserta Tetirah

Diunggah pada : 18 Mei 2022 13:12:07 69
UPT PPSPA Batu Berikan Penyuluhan Kesehatan kepada Peserta Tetirah

Jatim Newsroom - Praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah dan merupakan hal yang penting untuk diterapkan bagi para siswa. Oleh karena dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekitar, maka diharapkan mampu mencegah penyakit, meningkatkan status kesehatan, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Berkaitan dengan hal itu, Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Batu Dinas Sosial (Dinsos) Jatim menggelar penyuluhan kesehatan bagi para peserta tetirah angkatan V,

Bertempat di ruang kelas B UPT PPSPA Batu, para peserta mendapatkan pengarahan dari tenaga kesehatan Puskemas Kota Batu lewat video dan gambar, serta praktik langsung. Salah satunya praktik cara mencuci tangan yang benar agar para peserta menerapkan PHBS secara baik dan benar.

Dengan pembelajaran ini para peserta tetirah diharapkan tidak melupakan dan mempraktikkan kebiasaan baik ini di UPT dan nanti setelah menyelesaikan program tetirah.

Di sesi lain, para peserta tetirah juga diberi penyuluhan mengenai perlunya mengonsumsi sayur, buah, dan makanan sehat lainnya serta edukasi tentang bahaya dari merokok. Karena tidak bisa dimungkiri, di masa-masa usia peserta tetirah kali ini, yakni sekira 10-12 tahun, rasa penasaran mereka makin besar untuk mencoba hal-hal baru, selain itu pengaruh dari luar juga sangat besar.

Kepala UPT PPSPA Batu, Pitono, Rabu (18/5/2022) mengatakan, karena anak-anak sangat rentan terhadap penyakit, maka dengan memberikan edukasi PHBS diharapkan anak-anak dapat menerapkan perilaku sehari-hari dengan menjaga, meningkatkan, dan memelihara kesehatan raga maupun jiwa. 

“Anak yang sehat akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang normal,” tegasnya.(her/s)

#dinsos