Jumat, 19 April 2024

Tanam Perdana Tebu, PTPN X Sinergi dengan Kejati Jatim

Diunggah pada : 17 Juli 2022 9:59:47 93

Jatim Newsroom – Sebagai tindaklanjut kerjasama pemanfaatan lahan dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Timur yang telah berjalan sejak September 2020 lalu, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mengadakan kegiatan tanam perdana tebu di Desa Ngading Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jumat (15/7/2022). 

Acara ini dihadiri oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (ASDATUN) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, I Putu Gede Astawa, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan Direktur PTPNX, Tuhu Bangun.

Lahan seluas 44 Ha yang akan digunakan untuk menanam tebu ini bertujuan untuk mendorong peningkatan produktivitas tebu dan meningkatkan perekonomian masyarakat Mojokerto, dengan potensirendemen 7%, produksi gula mampu meningkat menjadi 47 Ton dari 45,5 Ton.

“Lahan Kejati ini terletak di Kabupaten Mojokerto, Kami berharap dari PTPN X bisa bekerjasama dengan Pemda setempat dalam hal tenaga kerja,”  terang I Putu Gede, Asdatun Kejati Jawa Timur.

Tanam perdana tebu MT 2022/2023 ini harapannya akan ditanami varietas unggul baru sesuai dengan ekolokasi lahan. Sehingga, nantinya dapat menghasilkan tebu-tebu berkualitas yang akan dipasok ke pabrik. 

Rencananya, tebu yang dihasilkan akan digilingkan ke Pabrik Gula Gempolkrep.

“Saya berharap dengan adanya program kerjasama lahan dengan Kejati ini akan

mendukung peningkatan BBT (Bahan Baku Tebu), yang berujung pada peningkatan produktivitas secara signifikan“, tutup Tuhu, Direktur PTPN X. (jal/n)

#tanam perdana tebu #PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X #Kab Mojokerto