Kamis, 25 April 2024

Tampilkan Rumah Adat Suku Osing, Kafilah Jatim Ikuti Pawai Ta'aruf MTQ Nasional XXIX Banjarmasin

Diunggah pada : 11 Oktober 2022 17:24:34 96
Tim pawai ta'aruf Kafilah Jatim MTQ Nasional XXIX Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Jatim Newsroom - Pawai taaruf meramaikan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-29 Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Intan Martapura, Ibu Kota Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (11/10/2022).

Kafilah Jatim ikut serta dalam kegiatan tersebut dengan menampilkan rumah adat Suku Osing atau Using asal Kabupaten Banyuwangi. Suku Osing layaknya suku-suku lainnya, memiliki warisan budaya dan keunikannya sendiri.

Melengkapi rumah adat tersebut, juga ditampilkan Musik Hadrah Kultulan. Dimana sepanjang jalan melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW.

Rumah adat Suku Osing Banyuwangi adalah penerus Blambangan. Blambangan adalah daerah yang terakhir diislamkan dan terakhir ditaklukkan di Pulau Jawa. 

Banyuwangi yang sarat akan akulturasi budaya tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Festival patrol, festival kuntulan, festival santri, festival hadrah dan burdah adalah beberapa program yang digulirkan pemerintah sebagai upaya revitalisasi dan pemberdayaan 

Budaya Lokal. Serakalan, sholawat dan kuntulan merupakan sebagian dari produksi budaya islami Banyuwangi yang divisualisasikan dengan Rumah Adat Suku Osing. pada kendaraan hias ini.

Arsitektur Rumah adat osing ini sarat akan nilai-nilai dan filosofi yang menggambarkan masyarakat Banyuwangi yang plural, tidak mengenal perbedaan kelas sosial dalam interaksi dengan sesama ( Egaliter) hal tersebut menunjukkan adanya kesamaan dengan pandangan dan ajaran Islam yang menjunjung tinggi kesejajaran juga kesetaraan sebagai makhluk (Hamba) di hadapan Allah SWT.

"Ada 27 kafilah yang mengikuti pawai taaruf ini, ditambah dari perwakilan kabupaten/kota dan lembaga serta organisasi di Provinsi Kalsel," ujar Ketua Panitia Pawai Taaruf MTQ Nasional Ke-29 Tahun 2022 M Syarifuddin saat melaporkan kegiatan tersebut di Banjar, Kalsel.

Ribuan warga dan pelajar menyaksikan kegiatan bagian dimulainya MTQ Nasional Ke-29 dari 10--19 Oktober 2022 tersebut di depan Kantor Bupati Banjar atau depan lapangan CBS Martapura.

Pawai yang diikuti perwakilan dari kafilah seluruh provinsi dan kabupaten/kota serta lembaga dan organisasi di Kalsel tersebut menggunakan mobil hias.

Pawai taaruf tersebut dibuka langsung Gubernur Kalsel DR (HC) H Sahbirin Noor didampingi Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin dan unsur Forkopimda  dan perwakilan daerah lainnya. (jal/hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait