Minggu, 25 September 2022

Talent Scouting, Program untuk Generasi Milenial Mencari Pekerjaan Milenial

Diunggah pada : 21 Juli 2022 15:03:30 104
Budi Raharjo, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans Provinsi Jawa Timur , Enrico Putra Wirawan, Pengantar Kerja direktorat Bina PTKDN Kemnaker dan Halimah Ratna Rusyidah-Tim Talenthub saat melihat proses Talent Scouting,

Jatim Newsroom- Pada era sosial media seperti sekarang ini profesi baru dalam dunia digital menjadi cita-cita yang banyak diimpikan generasi milenial. Misalnya seperti Youtuber, Selebgram, Blogger dan influencer mulai banyak diminati ketimbang profesi sebagai dokter, polisi, pilot, ataupun guru.

Berdasarkan laporan survei yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC), menunjukkan bahwa milenial ingin memiliki keseimbangan antara dunia profesional dan personal, alias work-life balance. Dalam survei ini, 95% responden milenial merasa bahwa work-life balance adalah hal yang penting. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah melalui Kementerian ketenagakerjaan mencoba memfasilitasi keinginan generasi Milenial melalui program Talent Scouting.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan sisi supply pencari kerja muda dengan demand tenaga kerja yang dimiliki perusahaan-perusahaan di Jawa Timur, khususnya dalam bidang pekerjaan kreatif dan digital,” ungkap Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan (PTKDN Kemnaker), Nora Kartika Setyaningrum, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21/7/2022.

Lebih lanjut, Nora menjelaskan, Talenthub Indonesia bekerjasama dengan Direktorat Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Talent Scouting di Surabaya dengan menghadirkan berbagai macam perusahaan dan pekerjaan milenial.

“Pada kesempatan Talent Scouting ini, akan diikuti oleh sejumlah perusahaan di wilayah Jawa Timur, seperti: PT. United Waru Biscuit Manufacture, PT. NAV Jaya Mandiri, PT. Kreatiful Digital, PT Berkah Sekawan Abadi, Tempat Kumpul Café, PT. AKO Pangan Sejahtera, PT. Vasa Sukses Mandiri, PT. Ruang Raya Indonesia (Ruang Guru), PT. JNE Express Surabaya, PT. Vitapharm, Tbk, PT. Ternaknesia Farm Innovation, PT. Kosmetika Global Indonesia (MS Glow), PT. Kaya Kreasi Nusantara, PT. Ska Nusantara Indonesia (Cineverse), dan PT. Media Nusantara Konsultindo,” tambah Nora.

Perusahaan-perusahaan tersebut membuka sekitar 42 (empat puluh dua) lowongan bagi talenta-talenta muda, seperti: Content Creator, Barista, Marketing Café, Sales Promotor, Internship Medsos, Staff HRD, Accounting, Staff Rekrutmen dan Training, Customer Care, dan lainnya. Pada kegiatan ini diadakan interview antara talenta muda dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Managing Director Talenthub Indonesia, Ahmad Luthfi, mengatakan bahwa Talenthub Indonesia sejak tahun 2021 telah mengadakan program-program Pengembangan Bakat Talenta muda yang bertujuan untuk menjaring bakat dan mengembangkan potensi talenta muda, yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan, termasuk perusahaan di wilayah Jawa Timur.

“Talenta muda dilatih untuk menguasai skill dan kompetensi yang dibutuhkan industri, khususnya industri kreatif dan digital, seperti: Digital marketing, UI/UX Design, Product Photography, Digital Project Management, Digital writer, Mobile based solution, Web Development, Data science, Fundamental SEO, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan di dunia kerja,” ujar Lutfi.

Dalam upaya pengembangan talenta muda dan menjembatani pekerja muda ke dunia kerja, menurut Lutfi, Talenthub Indonesia memiliki program Talent Class, Talent Corner, Talent Talks, Forum Diskusi bersama Industri, Talent Scouting, dan Gerakan Magang Nasional.

Talenthub mengharapkan dapat bekerjasama dan bersinergi dengan dunia industri, terutama perusahaan-perusahaan di Jawa Timur, untuk turut serta mengembangkan talenta muda atau pencari kerja muda, melalui program-proggram yang akan dilaksanakan Talenthub.

Budi Raharjo, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnakertrans Provinsi Jawa Timur mengatakan sangat mendukung program seperti ini. Pihaknya juga akan menggelar Job Fair Online dan Offline pada 6-11 September 2022, di Mall Grand City Surabaya

“Kedepan kami akan menggelar event Job fair, untuk memfasilitasi para pencari kerja di Provinsi Jawa Timur. Adapun job fair offline di gelar pada tanggal 7-8 September Sedangkan Job Fair Virtual pada tanggal 6-11 Sept 2022,” jelas Budi.(her/s)

#disnakertrans