Kamis, 1 Desember 2022

Tagana Blitar Beri Dukungan Psikososial pada Korban Kanjuruhan

Diunggah pada : 4 Oktober 2022 10:08:41 34
Tagana Dinsos Kabupaten Blitar Berikan LDP pada Korban dan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

Jatim Newsroom- Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap korban dan keluarga korban tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang.

Tragedi yang terjadi pada Sabtu malam (1/10/2022) itu membuat ratusan korban jiwa dan korban luka berjatuhan. Hingga berita ini ditulis, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan total korban mencapai 488 orang. Dari 448 korban itu, sebanyak 302 orang di antaranya mengalami luka ringan, 21 orang luka berat, dan 125 orang meninggal dunia.

Korban tak hanya berasal dari Malang Raya, melainkan juga berasal dari sejumlah wilayah lain, salah satunya Kabupaten Blitar. Mengetahui hal itu, Dinsos Kabupaten Blitar menugaskan Tagana untuk merapatkan barisan dan berkoordinasi melakukan pendataan warganya yang turut terdampak insiden tersebut. Selain itu, Tagana juga mempersiapkan personel per wilayah untuk ditugaskan memberikan LDP terhadap keluarga dan korban terdampak.

Petugas Posko Tagana Kabupaten Blitar, Aprillia Kristanti, melaporkan, Tagana Kabupaten Blitar membagi tugas untuk tiga wilayah, yaitu wilayah Malang 2 orang (M Khoirul Huda dan Eko Hari Setyawan), wilayah Kecamatan Garum 1 orang (Ahmad Wachid Nurlatif), dan wilayah Kecamatan Kademangan 1 orang (Moh. Farid Efendi).

Hingga berita ini dirilis, dari hasil olah data Tagana yang bertugas, korban meninggal dunia asal Kabupaten Blitar berjumlah lima orang. Rinciannya, Mochamad Rizki Darmawan (16) warga Kelurahan Bence Kecamatan Garum, M. Mungizul Hidayatullah (17) dari Kelurahan Kedung Bunder Kecamatan Sutojayan, Moh. Khoirul Huda (28) warga Desa Sidodadi Kecamatan Garum, Muhammad Mustofa (15) warga Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto, Kusneini (27) dari Desa Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo.

Sementara korban luka sebanyak empat orang, yakni M. Adam Hayatul Maki (19) dari Desa Karangsono Kecamatan Kanigoro, Mohammad Riyan Dwi Cahyono (22) warga Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan, Ricky Febrianto (25) dari Kelurahan Talun Kecamatan Talun, dan Enik Anggraeni (24) dari Desa Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo.

Koordinator Tagana Kabupaten Blitar, M Safinun Naja, membenarkan bahwa korban terdata berasal dari Kabupaten Blitar. “Iya betul, jadi korban yang kami data baik korban meninggal dunia maupun korban luka semuanya berasal dari Kabupaten Blitar,” ucapnya ketika dikonfirmasi.

Ia menambahkan, korban luka sebagian besar sudah dipulangkan. Sementara dari Tagana kabupaten dan kota lainnya juga melakukan penggalian informasi guna mengetahui kemungkinan warganya yang turut terdampak kejadian tersebut. (her/s)

 

#dinsos jatim