Sabtu, 20 April 2024

Sulawesi, kepulauan Tujuan Transmigrasi Asal Jatim

Diunggah pada : 19 Agustus 2022 16:11:24 1409
Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Jatim Okto Irianda foto bersama dalam pelatihan Calon Transmigrasi asal Jatim di BLK Wonojati Singosari

Jatim Newsroom - Provinsi Jawa Timur mendapatkan alokasi program penempatan transmigran sebanyak 63 kk (kepala keluarga) dan akan diberangkatkan menuju daerah penempatan transmigran yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

Hal ini berdasarkan keputusan direktur jendral pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi Nomor 47 tahun 2022 tentang perubahan kedua atas keputusan Dirjen PPKTrans Nomor 248 tahun 2021 tentang program pembangunan permukiman dan penempatan transmigran tahun 2022.

Ini dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Jatim, Okto Irianda, saat membuka pelatihan Calon Transmigrasi asal Jatim di BLK Wonojati Singosari kabupaten Malang Jumat (19/8/2022).

ia menjelaskan sebelum diberangkatkan, calon transmigran dibekali keterampilan melalui pelatihan berbasis kompetensi untukmeningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka agar calon transmigran siap danmampu dalam mengolah potensi yang ada di lokasi permukiman transmigrasi

"Pada kesempatan yang baik ini, saya menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan/calon transmigran yang akan diberangkatkan agar memperhatikan dan mengikuti secara sungguh - sungguh seluruh materi pelajaran yang diberikan oleh para instruktur selama berlangsungnya pelatihan sehingga nantinya dapat diterapkan pada saat berada dilokasi transmigrasi," ujarnya.

 Berdasarkan data badan pusat statistik (BPS) pada februari 2022 jumlah angkatan kerja sebanyak 23,04 juta orang bertambah 659,33 orang dibanding februari 2021. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik 1,24% dibandingkan dengan TPAK februari 2021.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) februari 2022 sebesar 4,81 persen, turun 0,36 persen poin dibandingkan dengan februari 2021. dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut, salah satu upaya yang ditempuh oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah melalui program transmigrasi karena tujuan utama transmigrasi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun daerah baru guna membuka peluang usaha dan berusaha berkembang serta menciptakan lapangan kerja. (her/s)

#disnakertrans