Selasa, 29 November 2022

Sulap Meja Lipat jadi Puzzle Construction

Diunggah pada : 7 September 2022 14:30:59 25
Gresta Nanda Adji Prabangga, S1 Prodi Desain Produk Universitas Dinamika, dengan Puzzle Constructionnya. Foto: dok. UNDIKA untuk JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Peran orangtua bagi anak sangat diharapkan untuk ikut andil dalam proses pengembangan dan mendidik anak secara aktif, terlebih dalam hal mengasah kemampuan motorik. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui Puzzle Construction yang merupakan karya mahasiswa S1 Prodi Desain Produk Universitas Dinamika (Despro Undika).

Adalah Gresta Nanda Adji Prabangga, yang memberi sentuhan inovasi puzzle pada sebuah meja lipat biasa. Puzzle ini untuk anak usia dini dari usia tiga sampai enam tahun. Mahasiswa angkatan 2017 ini menjelaskan bahwa ia membuat Puzzle Construction dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan motorik anak-anak. Selain itu, karya ini juga diharapkan mampu membuat orangtua menjadi lebih dekat dengan anak selama belajar di rumah.

“Jadi ini meja lipat namun punya dua sisi, nah pembedanya adalah tiap sisi meja punya gambar yang berbeda,” kata Gresta menjelaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa idenya ini muncul saat sering melihat adik sepupunya yang berusia lima tahun sangat gemar bermain puzzle. “Ya dari situ saya ada ide untuk inovasikan meja lipat ditambah puzzle agar lebih variatif dan tidak hanya sekedar alas untuk menulis saja,” terangnya.

Selama kurang lebih satu bulan lamanya, Gresta membuat desain meja dari awal serta membuat dua desain puzzle yang berbeda untuk kedua sisi meja. “Kesulitannya itu mencari tema yang disukai anak kecil untuk saya aplikasikan ke desain puzzlenya itu,” tutur Gresta.

Setelah jadi ia pun membawa meja tersebut ke Paud Mutiara Insani Sambirejo di Kota Trenggalek untuk diujicobakan. “Responnya positif ya dari guru-guru dan juga beberapa orangtua disana, mereka bilang sangat bermanfaat dan siswa-siswanya jadi lebih suka belajar,” ujar mahasiswa yang kerap dipanggil Tata ini.

Saat ini ada sekitar tiga meja dengan model dan tema serupa yang sudah Gresta buat. Ia pun berharap bisa lebih banyak memproduksi karyanya tersebut dan bisa dimanfaatkan oleh orangtua yang mempunyai anak usia dini.(sti)

#undika