Jumat, 19 April 2024

Stop Peredaran Obat Sirop Anak, Wali Kota Mojokerto Sidak Apotek

Diunggah pada : 22 Oktober 2022 8:55:32 52
Sidak Peredaran Obat Sirup Anak

Jatim Newsroom - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, melakukan inspeksi mendadak (sidak), ke beberapa apotek untuk memastikan tidak ada lagi apotek di Kota Mojokerto yang menjual obat bentuk sirop, khususnya bagi anak-anak.

“Berdasarkan Surat Edaran Kemenkes tertanggal 18 Oktober 2022, di mana mengamanatkan bagi seluruh tenaga kesehatan tidak dianjurkan untuk memberikan resep kepada anak-anak berupa sirop. Juga bagi seluruh apotek dan toko obat diimbau untuk tidak menjual obat-obatan dalam bentuk sirup,” kata Wali kota Ika, Jumat (21/10/2022).

Hasil sidak di apotek Kimia Farma, Wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini tidak mendapati apotek tersebut menjual obat bentuk sirop, baik yang terpajang di etalase ataupun dalam bentuk resep dokter. Pihak Kimia Farma mengaku segera menarik berbagai merek obat bentuk sirop sejak Kamis (20/10/2022) kemarin.

Lebih lanjut, Ning Ita menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan pelarangan penjualan obat sirop untuk anak-anak akan berlanjut. Pihaknnya menegaskan akan menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari Kemenkes.

Kepada para tenaga kesehatan, Ning Ita berpesan, agar tidak meresepkan obat bentuk sirop kepada anak-anak. Ning Ita mencontohkan,salah satu pengganti obat sirop bisa berupa puyer. Selain itu, Ning Ita juga memberikan himbauan kepada masyarakat jika memiliki anak-anak yang sedang sakit agar tidak membeli obat bebas yang berbentuk sirop.

“Akan lebih baik apabila memeriksakan putra-putrinya kepada tenaga kesehatan yang sudah ada di fasyankes yang disediakan oleh pemerinth ataupun di klinik-klinik yang sudah menjadi langganan keluarga bagi masing-masing masyarakat Kota Mojokerto,” terangnya.

Perlu diketahui, pemberhentian peredaran obat sirop untuk anak-anak ini dilakukan sebagai bentuk respon pemerintah terhadap peningkatan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak atau gangguan ginjal akut progresif atipikal sejak beberapa bulan terakhir.(ern/s)

#Kota Mojokerto