Jumat, 2 Desember 2022

Startup Servisin Undika Raih Juara Creative Technology Business Disperindag Jatim

Diunggah pada : 5 Oktober 2022 15:31:33 43
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan (kiri), saat meninjau Servisin undika pada kompetisi Creative Technology Business Competition (CTBC) 2022. Foto: dok. Undika untuk JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Servisin, salah satu Startup binaan IBT Tech.inc Universitas Dinamika (Undika) kembali meraih prestasi dengan menyabet Juara II Creative Technology Business Competition (CTBC) 2022.

Kompetisi tersebut diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dengan mengangkat tema Ekonomi Digital untuk Era Digitalisasi Indonesia. Servisin Undika yang beranggotakan lima orang ini mengikuti serangkaian acara kompetisi tersebut mulai dari bulan Agustus hingga Babak Final yang dihelat pada Sabtu (01/10) di Atrium Maspion Square.

“Jadi awalnya kita tahu lomba ini dari Bapak Arief Budiono selaku Guru Startup Founder.id,” jelas Afif Fathurrahman selaku CEO Servisin, Rabu (5/10/2022).

Setelah mengetahui kompetisi tersebut, Afif dan tim segera mengevaluasi tatanan model bisnis Servisin dan rancangan untuk jangka panjang Startup mereka. “Kami juga membuat rancangan program Servisin dalam bentuk Business Model Canvas (BMC) dan terdiri dari 9 elemen BMC,” lanjut Alumnus S1 Prodi Sistem Informasi Undika ini. 

Berdiri pada tahun 2021, Servisin merupakan Startup Service on Demand yang menghubungkan konsumen dan teknisi dalam melayani servis perabot elektronik rumah tangga. Mampu bersaing dengan 11 peserta lain dari seluruh Provinsi Jawa Timur, membuat Afif dan tim semakin yakin bahwa ide dan model bisnis inovasi mereka sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Selain itu dapat menjadi solusi atas permasalahan konsumen pada saat terjadi kerusakan pada perabot elektronik,” lanjutnya.

Prestasi tersebut tentunya menjadi penyemangat bagi Servisin untuk terus aktif membangun Startup dan mengikuti kompetisi-kompetisi bergengsi lainnya.

Tidak cepat berpuas diri, Servisin terus aktif melakukan pengembangan aplikasi agar dapat mudah dan nyaman diakses oleh pengguna melalui berbagai macam devices.

“Selain itu tim Marketing dan Bisnis kami juga terus melakukan penjajakan kerjasama mitra dengan berbagai teknisi perabot elektronik serta membuat rancangan strategi bisnis kedepannya,” terang Afif.

Ia pun berharap Servisin bisa menjadi Startup Solusi Terbaik Servis Elektronik di Indonesia suatu hari nanti.(sti)

#undika