Minggu, 25 September 2022

Staf UPT RSBN Dinsos Jatim Ikuti Training Gangguan Low Vision

Diunggah pada : 21 April 2022 10:26:02 52

Jatim Newsroom – Pegawai Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Dinsos Jatim bekerja sama dengan yayasan LAYAK mengikuti kegiatan Training Gangguan Low Vision bagi Caregiver (SDM yang memberikan perhatian terhadap kesehatan,red). Kegiatan ini dinarasumberi oleh Anggi Piculima dari Yayasan Bhakti Luhur Malang unit Low vision.

Kegiatan yang diadakan, Rabu (20/4/2022) ini merupakan upaya dalam meningkatkan SDM UPT RSBN Malang.  Ada beberapa materi yang disampaikan pada training ini, meliputi definisi fungsi low vision, intervensi non-optik, penyakit dan elemen pengelihatan, alat bantu optik, penjelasan ttg saran form dampingan low vision, mengilustrasikan adaptasi lingkungan dan cara mobilitas yang aman bagi low vision. Dalam kegiatan peserta pelatihan juga langsung simulasi menjadi orang dengan low vision dan pendamping/caregiver, melakukan observasi dan presentasi.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, mengatakan pelatihan seperti ini sangat membantu bagi para staff di UPT RSBN Malang mengingat belum adanya tindakan khusus seperti penggunaan alat bantu optik bagi low vision.

Sementara selaku narasumber, Anggi Piculima berharap agar peserta dapat mengimplementasikan ilmu yg sudah di berikan.  "Penting sekali agar pendamping low vision bisa melakukan pendampingan dan pelayanan kepada orang dengan low vision dengan tepat sesuai apa yang dia butuhkan," terangnya.(sas/s)

#dinsos #jawatimur