Rabu, 24 April 2024

Sinau Bareng Cak Nun, Dinkes Bojonegoro Siapkan Tim Prokes dan Layanan Kesehatan

Diunggah pada : 10 September 2022 20:21:03 96
Cak Nun. Foto; istimewa

Jatim Newsroom  - Mendukung acara Fullmoon Sinau Bareng Cak Nun, pada Sabtu (10/9/2022) malam. Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro siapkan Tim Protokol Kesehatan dan Tim Pelayanan Kesehatan sejumlah 60 personel. Kesiapan ini demi mendukung pelayanan kepada masyarakat yang hadir dalam acara.

Melalui pers rilis Diskominfo Bojonegoro, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro Ani Pujiningrum menjelaskan, Tim Protokol Kesehatan ditempatkan pada 5 (lima) titik dengan dilengkapi sarana cuci tangan atau hand sanitizer, pengukur suhu, dan barcode aplikasi Peduli Lindungi. Selain itu juga,terdapat pembagian masker untuk masyarakat yang hadir. 

"Upaya tersebut untuk mendukung protokol kesehatan agar dapat diterapkan pada acara Fullmoon Sinau Bareng Cak Nun," ungkapnya. 

Sedangkan Tim Pelayanan Kesehatan ditempatkan pada 4 (empat) titik. Tim tersebut bertugas memberikan pertolongan pertama jika terjadi kasus kegawatdaruratan medis seperti kejadian pingsan, serangan jantung dan kejadian gawat darurat lain yang mungkin terjadi.

"Satu titik di sebelah Selatan alun-alun merupakan pos kesehatan Mini IGD yang didukung sarana kesehatan kegawatdaruratan, ambulance dan Tim Medis," jelas Ani. 

Dan untuk Tiga titik lain, adalah berupa sarana ambulance yang dilengkapi sarana gawat darurat medis dan Tim Medis termasuk satu ambulance VIP yang ditempatkan di sebelah Selatan panggung utama.

Selain itu juga telah ditempatkan 6 (enam) Tim Evakuasi Medis yang ditempatkan di area tengah alun-alun Bojonegoro. Kegiatan ini melibatkan Tim Dinas Kesehatan, RSUD Sosodoro Djatikoesoemo, 4 Puskesmas dan petugas Public Safety Center (PSC) 119 Dinkes Bojonegoro.

"Bagi masyarakat yang akan hadir pada acara diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer dan memakai masker dengan benar," imbaunya. (vin/s)

#bojonegoro