Selasa, 29 November 2022

Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh Kota Mojokerto Resmi Dibuka

Diunggah pada : 9 September 2022 16:18:04 118
Pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Lansia Tangguh Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) Kota Mojokerto Resmi dibuka oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Analis Ketahan Keluarga dari Perwakilan dari BKKBN Provinsi Jawa Timur, Eviadi Lestari, mengimbau agar para peserta sekolah mau terus mengembangkan diri serta tidak ragu untuk mengikuti  SOTH dan Selantang. Hal ini dikarenakan program ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga akan akan bermanfaat bagi para keluarga yang memiliki balita dan para lansia yang mengikutinya.

Para peserta juga diharapkan mampu menyebarkan ilmu yang nantinya didapat, sehingga akan bermanfaat pula bagi lingkungan disekitarnya, tertutama dalam upaya pencegahan Stunting dan meningkatkan kualitas kehidupan lansia Indonesia. 

Ketua TP-PKK Kota Mojokerto, Siti Fauziah Anwar, juga berharap agar SOTH dan Selantang ini dapat menjadi wadah dalam mencari ilmu dari sumber yang terpercaya bagi para orang tua yang memiliki balita dan bagi lansia serta pralansia di Kota Mojokerto.

Sebagai informais, Camat Magersari Kota Mojokerto, Soegeng Rijadi Pajitno, telah resmi membuka SOTH dan Selantang. Acara yang diselenggarakan secara sederhana ini juga dihadiri oleh Analis Ketahanan Keluarga dari Perwakilan BKKBN ProvinsiJawa Timur, Kepala Bidang KB Dinas Kesehatan PPKB Kota Mojokerto, dan Ibu Ketua TP-PKK Kota Mojokerto.

“Jangan sampai anak-anak kita berkembang terlalu cepat atau terlalu lambat, tidak sesuai dengan usianya. Sehingga kita sebagai orang tua harus dapat memberikan pengasuhan yang sesuai. Selain itu, di sini semoga para ayah juga dapat diberikan kesempatan dalam memiliki andil mengasuh anak-anaknya”, ucapSoegeng

Selain itu  juga menyebutkan peran Selantang dalam membentuk kematangan dan kemampuan lansia di hari tuanya, “Kemampuan diri sesorang akan dapat menetukan kematangan emosi seseorang, di Selantang ini dilatih untuk menjadi pribadi yang lebih matang, mandiri, dan tangguh” imbuhnya.

Hadir pula dengan semangat  yang tinggi, para calon peserta didik SOTH dan Selantang Kota Mojokerto. Jumlah peserta SOTH adalah 30 calon orang tua hebat yang terdiri dari ibu hamil dan ibu balita usia 0-6 tahun. Sementara jumlah peserta Selantang adalah30 orang yang terdiri dari Lansia dan Pra Lansia.(her/s) 

#bkkbn