Kamis, 6 Oktober 2022

Sebanyak 86 PMIB Asal Jatim Tiba dari Malaysia

Diunggah pada : 5 Agustus 2022 13:06:09 49
Kepala Disnakertrans Provinsi Jatim, Himawan Estu Bagijo

Jatim Newsroom- Sebanyak 86 Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) telah datang dari Malaysia melalui Bandara Udara Soekarno Hatta di DKI Jakarta, Kamis (4/8). Selanjutnya mereka menjalani karantina mandiri selama 4 hari, dan sampai di Surabaya pada Selasa (9/8).

Kepala Disnakertrans Provinsi Jatim, Himawan Estu Bagijo, menyampaikan, sebenarnya ada 185 orang PMIB, dan di dalamnya sebanyak 86 orang warga Jawa Timur. "Dari 86 orang, terdapat 6 orang Lansia,  7 orang dalam kondisi sakit, ibu dengan anak 7 orang, dan lainnya (kondisi sehat) sebanyak 66 orang," katanya.

Himawam menyampaikan, dari total 86 PMIB tersebut juga, tercatat 29 berjenis kelamin perempuan dan 57 laki-laki. Dilihat dari daerah asalnya, yaitu dari Surabaya 3 orang, Gresik 4 orang, Lumajang 5 orang, Mojokerto 2 orang, Jember 16 orang, dan Pasuruan 2 orang.

Kemudian juga ada dari Pamekasan 9 orang, Sidoarjo 3 orang, Sampang 8 orang, Kediri 6 orang, Situbondo 2 orang, Bangkalan 4 orang, Probolinggo 1 orang, Lamongan 3 orang, Sumenep,2 orang, Bondowoso 1 orang, Banyuwangi 6 orang, Tulungagung 5 orang, dan selanjutnya Malang, Trenggalek, Madiun dan Blitar masing-masing 1 orang.

Untuk PMI baik yang sudah maupun belum vaksin selanjutnya menjalani karantina selama 4 hari di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. Setelah itu pusat akan berkoordinasi dengan masing-masing daerah  untuk kepulangan PMIB ke daerah asal.

Di Jatim, lanjut Himawan, data PMI dilakukan pemilahan hingga kabupaten/kota dan dikomunikasikan kepada kab/kota untuk penjemputan. Bagi kabupaten/kota yang tidak mampu menjemput akan difasilitasi oleh Disnakertrans Provinsi  Jatim.

"Untuk shelter transit, kami siapkan di Shelter PMI UPT P2TK Jl Bendul Merisi, Surabaya. OPD lain yaitu Dinsos Provinsi juga direncanakan merapat dan bersinergi dengan  Disnaker untuk fasilitasi kepulangan," terangnya. (her/s)

#disnakertrans