Kamis, 25 April 2024

Sebanyak 26 Relawan Probolinggo Ikuti TKR Jatim 2022

Diunggah pada : 31 Oktober 2022 13:42:50 15
Pelepasan sukarelawan TKR Probolinggo

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo mengirimkan 26 orang relawan untuk mengikuti Temu Karya Relawan (TKR) PMI Prov Jatim di Gelora Bung Tomo Sport Center Surabaya, pada 30 Oktober hingga 5 Nopember 2022.

Relawan ini dilepas secara resmi dari Kantor PMI Kabupaten Probolinggo, Minggu (30/10/2022). Ke-26 relawan tersebut terdiri dari 21 orang Korps Sukarela (KSR), 4 orang Tenaga Sukarela (TSR) dan 1 orang Donor Darah Sukarela (DDS).

Sekretaris PMI Kabupaten Probolinggo, Soedjono, mengatakan, TKR PMI Jawa Timur tahun 2022 ini digelar setelah vakum selama 2 (dua) tahun karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sebagian besar relawan yang dikirim adalah relawan baru, yang diharapkan menjadi penerus bagi relawan yang ada di PMI Kabupaten Probolinggo Adapun kegiatannya secara umum mengacu pada 7 Prinsip PMI.

“Harapan dari pengiriman peserta ini disamping agar menjadi kader yang tangguh juga dengan bekal pengetahuan yang kita berikan secara berkala dapat bersaing dengan peserta lainnya. Syukur-syukur jika mendapatkan rangking dalam ajang tersebut,” katanya.

Soedjono menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan KSR, TSR dan DDS dalam proses pengambilan keputusan dan kegiatan PMI serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan relawan PMI dalam menerapkan nilai-nilai kepalangmerahan melalui proses merencanakan, melaksanakan dan mengelola pelayanan PMI.

“Selain itu juga untuk membangun jejaring kerjasama antara relawan dan mitra. Sekaligus menyamakan pemahaman antar pengurus, staf dan relawan dalam proses pembinaan dan pengembanga relawan,” jelasnya.

Menurut Soedjono, arti penting dari TKR adalah wadah untuk melakukan evaluasi atas pelaksanaan pembinaan relawan PMI melalui kegiatan pertemuan, pertukaran pengetahuan, ketrampilan dan sikap relawan PMI.

“Melakukan karya baktidi masyarakat, melalui kegiatan simulasi di masa darurat atau damai, bergembira dengan kegiatan seni budaya dan olahraga serta momentum penghargaan bagi relawan dengan hasil akan memberikan usulan pemecahan masalah yang terjadi melalui merekomendasikan pokok-pokok pikiran KSR, TSR dan DDS untuk kemajuan PMI,” pungkasnya.(ern)

#kabupaten probolinggo