Jumat, 19 April 2024

Sebanyak 18.022 MBR di Jatim Terima Bantuan Pasang Listrik Baru

Diunggah pada : 15 November 2022 17:08:15 109
Salah satu penerima bantuan, Seniti

Jatim Newsroom -Hingga November 2022, tercatat ada sekitar 18.022 Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Jatim mendapat bantuan pemasangan listrik baru gratis dari PLN. 

"PLN berkomitmen terus melistriki seluruh masyarakat Indonesia, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata EVP Penjualan dan Pelayanan Retail PT PLN (Persero), Saleh Siswanto  dalam keterangan tertulis, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, program BPBL yang diinisiasi oleh Kementrian ESDM ini menyasar 80.000 rumah tangga tidak mampu yang tersebar di 22 provinsi di Indonesia.

"Tercatat hingga 12 November 2022, sebanyak 63.516 rumah tangga sudah mendapat bantuan ini dan 18.022 diantaranya berada di Jawa Timur. Untuk Malang Raya sebanyak 2.373 warga tidak mampu akan menerima bantuan ini," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 551 warga tidak mampu di Lamongan pun mendapat bantuan pasang baru listrik pada Minggu (13/11/2022).

Saleh Siswanto menyatakan, melalui program elektrifikasi ini, pemerintah ingin memberikan kesempatan dan hak yang sama bagi seluruh masyarakat khususnya di 3T untuk mendapatkan akses listrik.

"PLN sepenuhnya mendukung program pemerintah agar seluruh masyarakat dimana pun berada dapat menikmati listrik, meningkatkan taraf hidupnya yang berdampak pada rasio elektrifikasi hingga mencapai 100%," tukas Saleh.

Dalam acara penyalaan BPBL tersebut, Anggota DPR RI Komisi VII, Moreno Soeprapto didampingi EVP Penjualan dan Pelayanan Retail PT PLN (Persero), Saleh Siswanto, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) UID Jawa Timur, Achmad Satria Prakarsa dan Kepala Bagian Sumber Daya Alam Kabupaten Malang, Achmad Taufiq Juniarto mengunjungi rumah pelanggan untuk menyalakan langsung dan memberikan voucher token listrik gratis.

"Kami sebagai perwakilan rakyat akan terus mewujudkan kebahagiaan masyarakat dengan peningkatan kesejahteraan salah satunya melalui pasang baru listrik gratis ini," terang Moreno.

Salah satu penerima bantuan, Seniti tidak dapat menyembunyikan wajah sumringahnya mendapat bantuan pasang baru listrik (BPBL) dari Kementerian ESDM. Selama ini, perempuan yang berprofesi sebagai buruh tani di Dampit, Malang ini mendapatkan penerangan listrik dengan menyalur dari tetangga dekat rumahnya (hjr) 

#PLN #PLN UID Jatim