Kamis, 6 Oktober 2022

Satu Jemaah Haji Kloter 9 Ditinggal di Arab Saudi Jalani Perawatan

Diunggah pada : 22 Juli 2022 14:34:59 111

Jatim Newsroom - Satu lagi jemaah haji dari Jawa Timur yang tidak dapat kembali ke tanah air bersama rombongannya. Jika sebelumnya Sainem Pairan Sono sakit dan dirawat di Jeddah, kali ini Sugeng Ngadeni Rawit (51 tahun), dari kloter 9  terpaksa ditinggal dan dirawat di RS King Abdullah Makkah.  Dari keterangan dr. Aris, petugas kloter 9,  Sugeng Ngadeni Rawit dari Tulungagung ini mengalami sesak, keringat dingin bahkan sampai muntah sebelum berangkat armuzna. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pertolongan pertama, dokter kloter membawa ke KKHI.  

"Dari catatan kesehatan, Pak Sugeng ini punya riwayat kencing manis.  Namun dari pemeriksaan lebih lanjut, dokter di KKHI merujuk Sugeng ke Rumah Sakit King Abdullah karena dalam rekam jantung ditemukan ada kelainan jantung." Terang dokter Aris, dalam rilis PPIH Debarkasi Surabaya, Jumat (22/7/2022). 

Lebih lanjut, diceritakan bahwa di RS King Abdullah di rawat di ICU. Namun sehari sebelum kloter 9 pulang, kondisi Sugeng membaik.

"Pak Sugeng kondisi sudah tidak memakai alat bantu pernafasan. Gula darah juga sudah normal dan sudah keluar dari ICU. Namun masih belum diperkenankan untuk pulang," jelasnya.

Abdul Haris, Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya menyampaikan bahwa kloter 8 membawa 4 petugas,  442 jemaah dari Kabupaten dan Kota Kediri, Trenggalek dan Kota Surabaya  Dan kloter 9 terdapat 4 petugas dan 444  jemaah Tulungagung, Sidoarjo, dan Surabaya.

"Jadi sampai Kamis 22 Juli 2022, total 4.001 orang jemaah haji dan 36 petugas dalam 9 kloter yang telah tiba di Debarkasi Surabaya," tuturnya. (ghf/n)

#Haji