Selasa, 21 Mei 2024

Satu Data Informasi Kota Mojokerto, Jadi Jujugan Studi Tiru Pemkab Trenggalek

Diunggah pada : 12 Desember 2022 21:35:27 48
Sumber foto: Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom - Untuk kesekiankalinya, Satu Data Informasi Kota Mojokerto (Satikomo) kembali menjadi jujugan studi tiru daerah lain. Kali ini giliran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek yang melakukan kunjungan studi tiru terkait Satikomo. Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto tersebut diterima Kepala Diskominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias, di Command Center Pemerintah Kota Mojokerto, Senin (12/12/2022).

Sebagaimana dalam rilis Pemerintah Kota Mojokerto, Edif menyampaikan bahwa kunjungannya bersama rombongan adalah ingin belajar bagaimana Diskominfo Kota Mojokerto dalam membangun satu data pada portal Satikomo.

"Ini merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa bagi kami, kami ingin belajar bagaimana mengolah data dalam portal Satikomo. Karena kami melihat Satikomo ini sudah sangat luar biasa perkembangannya," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Edif, pihaknya ingin mengambil semangat kolaborasi dan sinergi yang terjalin baik antara Diskominfo Kota Mojokerto, BPS, dan Bappeda dalam menyukseskan program Satu Data.

"Kami ingin mengambil sebuah semangat itu tadi bagaimana Satu Data bisa terbangun dengan baik, serta kolaborasi yang terjalin baik antara BPS, Bappeda, dan Diskominfo. Itu yang perlu kita contoh sehingga bisa kita terapkan di trenggalek," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Kota Mojokerto, Santi Ratnaning Tias, menyambut baik atas kunjungan studi tiru dari Pemkab Trenggalek tersebut.

"Kami tentunya merasa sangat senang sekali atas kunjungan dari Kabupaten Trenggalek untuk sama-sama sharing terkait Satu Data, karena kami sendiri juga dalam rangka berproses khususnya terkait Satu Data Informasi Kota Mojokerto," ujar Santi.

Lebih lanjut dikatakan, seluruh pengambilan keputusan dan kebijakan yang diambil Pemerintah Kota Mojokerto berdasarkan data yang valid dan akurat.

"Untuk itulah kami terus berupaya bagaimana kami mampu dan bisa senantiasa mengupdate data yang ada di Satikomo. Sinergi luar biasa dengan seluruh OPD juga kami lakukan," imbuhnya.

Atas kerja keras tersebut, tahun 2022 ini, Satikomo berhasil meraih penghargaan dari BPS Provinsi Jatim dan anugerah Kepala Daerah Inovatif terkait inovasi satu data.

Sebagai informasi, sejak dirintis tahun 2019 lalu, keberadaan portal Satikomo telah mengalami perkembangan signifikan. Terwujudnya Satu Data Informasi Kota Mojokerto ini tak lepas dari sinergi dan dukungan dari masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam pengumpulan data. (ghf/n)

#mojokerto #Batik #majapahit