Selasa, 23 Juli 2024

Satgas TMMD Lamongan Tanam Benih Kebaikan melalui Bibit Ikan

Diunggah pada : 14 Maret 2024 13:45:47 8
Suara riuh di Keramba Apung di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan, bergema memecah keheningan pagi itu. Tim Satuan Tugas TMMD ke-119 Kodim 0812/Lamongan mengubah keramba apung menjadi panggung kegembiraan saat benih ikan dilepaskan dengan penuh semangat.

Jatim Newsroom - Suara riuh di Keramba Apung di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Lamongan, bergema memecah keheningan pagi itu. Tim Satuan Tugas TMMD ke-119 Kodim 0812/Lamongan mengubah keramba apung menjadi panggung kegembiraan saat benih ikan dilepaskan dengan penuh semangat. 

Penebaran benih ikan ini bukan semata-mata tentang mengisi keramba apung, tapi juga tentang menghidupkan makna yang lebih dalam.

Selain sebagai bagian dari Program TMMD ke-119 dalam mendukung ketahanan pangan nasional, penebaran benih ikan juga bertujuan untuk memulihkan stok ikan di wilayah tersebut. 

Dandim 0812 Lamongan Letkol Ketut Wira Purbawan, Rabu, (13/3/2024) mengatakan penebaran benih ikan ini merupakan upaya Satgas TMMD Lamongan membentuk konservasi sumber daya alam di wilayah tersebut.  

Dengan demikian, lanjut Ketut, keramba apung yang telah dipasang diharapkan dapat menjadi salah satu aset yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Brengkok. 

"Kita tidak sekadar menabur benih ikan, tapi juga menanam harapan akan kesejahteraan dan keberlanjutan lingkungan. Saya berharap melalui kerjasama dan partisipasi aktif dari masyarakat, kita bisa menciptakan dampak jangka panjang yang mensejahterakan masyarakat di wilayah ini," ujar Dandim mantap.

"Saya yakin dengan kebersamaan ini, kita dapat mewujudkan perubahan positif yang akan terus memberikan manfaat bagi kita semua," tambahnya. 

Sementara itu, di tempat yang sama, Danki Satgas TMMD ke-119, Lettu Inf Lambangwan dan Sanramil 0812/18 Brondong, Kapten Inf Ali Mahmud, yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini memiliki visi yang sama dengan Dandim. 

Mereka berdua memiliki tujuan mulia untuk menjaga kelestarian sumber daya perikanan dan ekosistem ikan lokal demi mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Kegiatan ini tidak hanya mencakup embung, tetapi juga waduk dan genangan air lainnya yang tersedia minimal 8 bulan," jelas Kapten Inf Ali Mahmud.

Di tempat terpisah, Nuriyadi, Kepala Desa Brengkok mengungkapkan, ucapan terima kasih atas upaya Satgas TMMD di Lamongan yang telah menebarkan benih ikan untuk kesejahteraan di desanya. 

Kata dia, dengan adanya kerjasama ini, pihaknya merasa terbantu dalam menjaga lingkungan dan menciptakan sumber daya ikan yang berkelanjutan. 

"Kami berharap kolaborasi ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat kami dan semoga dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Terima kasih atas perhatian dan kerja kerasnya." tutupnya.

Dengan semangat dan kerjasama, Satgas TMMD di Lamongan menebar benih ikan untuk Desa Brengkok. Mereka menghidupkan harapan kesejahteraan dan lingkungan. Semoga upaya ini membawa manfaat jangka panjang bagi semua. Ayo jaga sumber daya alam untuk ketahanan pangan yang berkelanjutan. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #TMMD ke-119 #TMMD Lamongan