Minggu, 29 Januari 2023

Sasar Angkutan dan Kaki Hewan, Tim PMI Jember Semprot 11 Pasar Hewan

Diunggah pada : 2 Juni 2022 18:00:41 103
Relawan PMI Jember saat melakukan Penyemprotan disinfektan ke semua pasar hewan

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember terus aktif melakukan penyemprotan disinfektan ke semua pasar hewan (PH) untuk mengantisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kali ini ada sebelas pasar hewan yang akan menjadi sasaran penyemprotan relawan PMI Kabupaten Jember. Penyemprotan dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun, antara lain di PH Mayang, PH Ambulu, PH Tempurejo, PH kalisat, PH Bangsalari, PH Sumberbaru, PH balung, PH Rambipuji, PH menampu Gumukmas, PH Ajung dan PH Kencong,  Kamis (2/6/2022).

Penyemprotan pasar hewan ini merupakan hasil kerjasama antara PMI kabupaten Jember dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jember, khususnya dengan pusat kesehatan hewan (puskeswan) yang tersebar di sejumlah kecamatan. Tim relawan PMI Kabupaten Jember melakukan penyemprotan di Pasar Hewan Tempurejo yang dibawah pengelolaan Puskeswan Tempurejo.

Rupiyanto, Kepala Markas PMI Kabupaten Jember menjelaskan, penyemprotan akan terus dilakukan untuk semua pasar hewan yang berada di wilayah Kabupaten Jember.

“Hari Selasa ini di Temporejo, Besok Rabu di Pasar Hewan Kalisat dan Bangsalsari. Penyemprotan dilakukan dengan didampingi dokter hewan dari puskeswan setempat.,” imbuhnya. 

Dia menambahkan, total ada sebelas pasar hewan di Kabupaten Jember yang akan disemprot disinfektan.

“Jumlah pasar hewan yang akan disemprot disinfektan ada sebelas, penyemprotan dilakukan secara bertahap karena lokasinya menyebar di sejumlah kecamatan di Jember,” imbuhnya.

Penyemprotan tersebut, sambung Rupiyanto, dilakukan untuk armada angkut hewan milik peternak atau pedagang yang ada di pasar hewan. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan di kaki kaki hewan yang ada di pasar hewan.

“Untuk keamanan, yang disemprot kendaraan angkutan hewannya dan juga hanya kaki kaki hewan, bukan keseluruhan badan hewan,” imbuhnya.

Ketua PMI Kabupaten Jember, H. EA Zaenal Marzuki menuturkan bahwa PMI Kabupaten Jember memiliki sarana dan prasana untuk penyemprotan disinfektan.

“Sarana dan prasana sudah ada karena sebelumnya digunakan untuk pencegahan COVID-19. Kita tinggal aksi saja dan alhmdulillah sudah berjalan,” kata Zaenal Marzuki.

Kabid Kesehatan Hewan DKPP Jember drh Elok Kristanti menjelaskan kolaborasi dengan PMI dilakukan sampai semua pasar hewan disemprot disinfektan.

“ Kegiatan ini dimaksudkan untuk mencegah penularan virus PMK dari sapi-sapi milik pedagang, Selasa 31 Mei 2022 ini penyemprotan di Pasar Hewan Tempurejo,” imbuhnya. (aud)

#pmi #jember