Sabtu, 20 April 2024

Sambut KTT G20, PLN Perkuat Sistem Paiton - Situbondo 157 Tower

Diunggah pada : 7 Juni 2022 13:16:54 161
Pemeliharaan SUTT Jalur Paiton - Situbondo dan peremajaan material oleh tim PLN

Jatim Newsroom- Perhelatan Event Internasional KTT G20 yang akan berlangsung pada November 2022 di Pulau Bali menjadi salah satu fokus pemerintah saat ini. PLN juga terus melakukan pembenahan keandalan sistem pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) untuk mensuplai listrik pada event G20 tersebut, salah satunya dengan melakukan pembersihan material pada jaringan transmisi serta peremajaan material di sisi Gardu Induk (GI).

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM)  berhasil menyelesaikan pembersihan pada SUTT Paiton – Situbondo dilanjutkan dengan penggantian material pada GI Situbondo untuk meningkatkan keandalan suplai listrik dari pembangkit di Paiton ke Pulau Bali. 

Pemeliharaan SUTT Jalur Paiton - Situbondo dan peremajaan material, berupa penggantian Current Transformator (pengukuran dan proteksi), di GI Situbondo kami lakukan selama dua hari pada Sabtu – Minggu kemarin. "Pekerjaan ini dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan untuk memasok listrik ke Bali untuk G20 nanti.” terang General Manager PLN UIT JBM, Didik F Dakhlan dalam keterangan tertulis, Selasa (7/6/2022).

Lebih lanjut disampaikan Didik, pekerjaan berhasil menyelesaikan sejumlah 157 Tower transmisi 150 kV sepanjang 53,7 Kms. “PLN UIT JBM mengerahkan 102 personel dalam menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan pemeliharaan ini agar material pada tower SUTT tetap beroperasi maksimal. Sehingga, jika ditemukan material tower yang mengalami penurunan performa, langsung dilakukan penggantian,” ujar Didik.

Pekerjaan ini dilakukan dalam keadaan padam, namun tidak berdampak ke pelanggan sehingga pelanggan tetap menikmati listrik. “Kami memulai pekerjaan pukul 22.30 WIB di GI Situbondo dikarenakan menunggu beban turun dulu. Dan untuk jaringan, kami melakukannya pada jalur 1 kedepannya akan kami lanjutkan ke jalur 2 nya. Meskipun akhir pekan, tim tetap semangat untuk melakukan pekerjaan ini agar listrik tetap andal,” jelas Senior Manager Pemeliharaan Transmisi dan GI UIT JBM Ika Sudarmaja.

Hingga saat ini, suplai listrik yang dapat disuplai dari GI Situbondo ke GI Banyuwangi sebesar 162 MW. Kedepannya, PLN UIT JBM akan melangsungkan pekerjaan lanjutan yaitu jalur Situbondo - Banyuwangi yang mengaliri listrik ke Bali. (hjr)

#PLN