Senin, 22 Juli 2024

Sambut HLUN 2024, Dinsos Jatim Gelar Takwa Lansia

Diunggah pada : 28 Mei 2024 19:56:58 92
Kepala Dinsos Jatim, Restu Novi Widiani saat bersama lansia diacara Takwa Lansia di Dinsos Jatim. (Ryanda)

Jatim Newsroom – Menyambut peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 di Jawa Timur, Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Timur menggelar Talkshow Ketawa Lansia (Takwa Lansia) yang digelar di aula lantai Dinsos, Selasa (28/5/2024).

Dimana kegiatan Takwa Lansia di Dinsos ini, mengambil tema sehat, berkarya, dan gembira di usai keemasan. Langsung dibuka Kepala Dinsos Jatim, Dra Restu Novi Widiani MM dihadiri perwakilan Lansia di Jatim serta juga sekertaris dan jajaran Dinsos Jatim. Acara takwa Lansia ini juga diihadiri narasumber dr. Agus Ali Fauzi ahli dokter lansia.

Kadinsos Jatim, Restu Novi Widiani mengatakan, kegiatan Takwa Lansia ini merupakan bagian dari kegiatan HLUN yang dimulai sejak 22 Mei 2024 kemarin. Yaitu Wisata Edukatif Rekreatif Lansia atau disingkat Sate Lansia. Yang kedua Takwa Lansia yang diselenggarakan hari ini yang hadir langsung di Dinsos Jatim secara langsung 150, dan daring 1.000 orang dari Karang Werdha dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Lansia yang ada di Jatim, serta para pegawai Dinsos Jatim.

Untuk Bakso Lansia Kadisos Jatim, Restu Novi Widiani bersama Pj Ketua TP PKK Jatim Isye Adhy Karyono melangsungkan ‘Bakso Lansia’ di UPT PSTW Pasuruan, sementara DWP Setda Provinsi Jatim didampingi Ketua DWP Dinsos Jatim menggelar kegiatan serupa di UPT PSTW Jombang. Anggota DWP lainnya menyebar di UPT PSTW Magetan, Blitar, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

“Sementara itu, untuk puncak besok HLUN ini yang diselenggarkan di dinsos Jatim dibuka sama pak Pj. Gubernur Jatim dan Ketua Tim Penggerak PKK,  Rabu 29 Mei 2024 yang dihadiri 400 Lansia dari UPT Dinsos Jatim. Kemudian dimeriahkan kegiatan Bazar kebutuhan kaum lansia atau Bakmi Lansia, Salam lansia atau gerakan sayang lansia semuanya, dan pentol lansia atau pentas seni orang lanjut usia,”katanya.

Maka itu dengan adanya peringatan HLUN ini, diharapkan pihak pemerintah ingin membahagiakan para lansia sebagai taqline  lansia nasional yaitu lansia terawat Indonesia bermartabat.  “Kita juga melaksanakannya tugas yang lebih detail lagi, di mana mewujudkan para lansia yang sehat, mampu berkarya, dan berbahagia, “ujarnya.

Ini juga sebagai langkah konkret untuk menghormati dan meningkatkan kesejahteraan lansia di Jawa Timur. Karena kita juga ingin usia harapan hidup mereka meninggi dan ini berpengaruh juga pada Indeks Pembangunan Manusia di Jatim,"katanya.

Ia juga menyampaikan, alhamdulillah di Jatim para lansia mendapatkan bantuan dari pemprov Jatim yaitu, mulai PKH plus, kemudian acara bansos ini, dan ada 7 UPT lansia yang dimiliki Jatim. “Ini membuktikan bahwa Provinsi Jatim peduli lansia, sehingga angka kehidupan para lansia menjadi naik tiap tahunnya,” pungkasnya Restu Novi yang juga mantan kepala dinas DPAK Jatim ini.

Sementara itu, Narasumber Takwa Lansia, dr. Agus membagikan tips kesehatan dan kebahagiaan di usia lanjut serta cara-cara untuk tetap produktif. Pesan-pesan penting seperti mensyukuri, mengendalikan emosi, dan membahagiakan orang lain disampaikan dengan cara yang menghibur namun bermakna.

“Tips meraih bahagia itu mensyukuri, mengendalikan emosi, mau introspeksi diri, membahagiakan orang lain, serta menuju qonaah dan istiqomah," pesan dr. Agus kepada Lansia. (Pca)

#dinsos jatim