Senin, 2 Oktober 2023

Safari Pasar Ramadhan, Dorong Ekonomi Kerakyatan Sembari Berbagi di Bulan yang Suci

Diunggah pada : 6 April 2023 21:06:50 33
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdiyarita memilih gorengan di salah satu lapak Pasar Ramadhan di Desa Maron Kecamatan Kauman, Rabu (5/4/2023) Foto : Erwin Suganda

Jatim Newsroom - Selama Ramadhan, interaksi kepala daerah dengan masyarakat semakin intens. Bupati Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita selalu berada dalam rombongan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo saat melakukan safari Pasar Ramadhan ke desa-desa secara bergilir di satu kecamatan. Giliran sejumlah desa di Kecamatan Sukorejo dan Kauman yang mendapat kunjungan, Rabu (5/4/2023). 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Statistik Kabupaten Ponorogo Bambang Suhendro mengatakan bahwa Pasar Ramadhan menjadi agenda rutin setiap puasa tiba. Kegiatan itu bertujuan menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Anggota PKK menjajakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Pelaku UMKM tidak ketinggalan ikut memasarkan produk mereka.  

‘’Keliling Pasar Ramadhan menjadi kesempatan bagi Bupati Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita hadir langsung di tengah masyarakat. Melakukan interaksi dan transaksi 

untuk menstimulus tumbuhnya titik ekonomi produktif,’’ kata Bambang Gulo, sapaan Bambang Suhendro. 

Bersamaan safari Pasar Ramadhan itu, bupati dan wakil bupati juga memberikan santunan kepada anak yatim. Sejumlah kepala dinas yang mendampingi ikut berbagi rezeki. Tak urung, Pasar Ramadhan yang mendapat jadwal kunjungan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo selalu ramai pengunjung. Anak-anak yatim berdiri berderet untuk mendapatkan santunan.

‘’Di bulan yang penuh berkah ini, kami juga ikut berbagi rezeki,’’ ungkapnya.

Selama Ramadhan, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko kerap pula keluar dan masuk warung di sejumlah desa untuk makan sahur. Sahur on the road itu dilakukan spontan. Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko datang tanpa pengawalan untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat. ‘’Beliau berangkat sendiri, tidak selalu saklek harus dikawal. Pemilik warung dan pembeli sering kaget melihat kedatangan bupati sehingga dijuluki sebagai pemimpin yang merakyat,’’ beber Bambang Gulo. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo