Jumat, 29 Maret 2024

Robot Terbang ITS Boyong Tiga Juara di SAFMC Singapura

Diunggah pada : 10 April 2023 18:31:27 195
Para mahasiswa yang tergabung dalam tim Soeromiber dari Bayucaraka ITS sukses mendulang berbagai juara dalam ajang SAFMC 2023 di Singapura. (Humas ITS)

Jatim Newsroom- Tim Robot Terbang Bayucarakan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih tiga juara sekaligus dalam ajang Singapore Amazing Flying Machine Competition (SAFMC) 2023 di Singapura.

Pilot utama Bayucaraka ITS Martin Adytia menerangkan, SAFMC merupakan kompetisi mesin terbang terbesar di Singapura. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Defence Science Organization (DSO) National Laboratories and Science Centre yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Singapura.

“Kompetisi ini juga terbagi menjadi delapan kategori, tim Bayucaraka ITS mengikuti kategori Semi-Autonomous (D1) dan Autonomous (D2),” bebernya, Senin(10/4/2023).

Kali kedua mengikuti kompetisi ini, Bayucaraka ITS mengirimkan tiga tim divisi Vertical Take Off and Landing (VTOL) bernama Soeromiber Team A, Soeromiber Team B, dan Soeromiber. Melalui ketiga tim tersebut, Bayucaraka bersinergi untuk menaklukkan kompetisi ini hingga akhirnya diperoleh tiga gelar juara sekaligus.

“Kami berhasil memborong juara 1 kategori Autonomous (D2),  juara 2 dan juara 5 kategori Semi-Autonomous (D1),” ungkap Martin dengan bangga. 

Lebih lanjut, mahasiswa Departemen Teknik Elektro tersebut mengatakan, dobrakan inovasi pada robot yang diperlombakan menjadi kunci dimenangkannya kompetisi ini. Untuk kategori Semi-Autonomous (D1), tim Bayucaraka ITS menciptakan alat kontrol berupa wearable device bernama Exokinesis. (mad/hjr).

 

#its