Senin, 15 Juli 2024

Ribuan Penonton Sambut Antusias Nobar Lafran Pane Yang Digelar KAHMI Jatim

Diunggah pada : 15 Juni 2024 16:13:45 134
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita bersama Koordinator Presidium KAHMI Jatim, dr Agung bersama ribuan mahasiswa menonton film Lafran Pane, di CGV Maspion Surabaya. (Moko)

Jatim Newsroom - Pengurus Korps Alumni HMI (KAHMI) Majelis Wilayah Jatim menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) film ‘Lafran Pane’ di Maspion Square Surabaya, Jumat (14/6/2024) malam.

Nobar Film Lafran ini disambut antusias dan meriah, serta dihadiri ribuan penonton dari Presidium KAHMI di daerah, mahasiswa HMI dan aktivis KAHMI, serta 30 perwakilan Majelis Daerah KAHMI dari kabupaten/kota se-Jatim dihadiri ribuan orang.

Dari pantauan, Nobar ini dihadiri Wakil Gubernur Jatim Periode 2019 - 2024, Emil Elsetianto Dardak, Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dispora Jatim, Koni Jatim, dan Koordinator Presidium KAHMI Jatim, dr Agung Mulyono.

Koordinator Presidium KAHMI Jatim, dr Agung Mulyono, mengatakan untuk nobar ini dilaksanakan dua sesi dengan penonton ribuan orang yang terdiri daei aktivis HMI, Aktivis KAHMI, dan 30 perwakilan Majelis Daerah KAHMI dari kabupaten/kota se-Jatim. "Film Lafran ini ceritanya keren, di organisasi HMI semua bisa ikut Di HMI ini guru berpolitiknya Lafran Pane,” katanya.

Bendahara DPD Demokrat Jatim itu mengimbau agar para generasi muda meneladani semangat dan kegigihn Lafran Pane dalam berjuang. Dia mengaku terharu dengan antusiasme masyarakat, khususnya generasi milenial terhadap film tersebut. “Banyak cerminan. Kalau di politik sudah jelas. Makanya yang belum nonton silahkan menonton,” tegas putra kelahiran Banyuwangi itu.

“Kami sangat senang sekali karena Nobar ini yang datang sangat banyak dan antusias,” tambah anggota DPRD Jatim tiga periode tersebut.

Putra kelahiran Banyuwangi tersebut berharap agar generasi milenial bisa mengambil hikmah dari film Lapran Pane, sehingga, jiwa kegigihan dan semangat pahlawan naisonal itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Pebisnis perlu coach, politik perlu coach, ngaji perlu coach, berorganisasi HMI Lafrane Pane ini mahagurunya," jelasnya.

Ketua komisi D DPRD Jatim itu berharap agar kader kader muda HMI banyak belajar dari semangat dan kepemimpinan Lafran Pane. Semangat dan tauladan Lafran Pane patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari. "Saksikan di film ini beliau sebagai pendiri, pemikir dan pembentuk, tapi pucuk pimpinan di serahkan org lain. Bahkan setelah menjadi alumni HMI. Pengurus konggres HMI banyak tidak mengenal beliau," tegasnya.

Dokter Agung juga memuji pemikiran Lafran Pane yang visioner. Sehingga, HMI menjadi organisasi mahasiswa yang besar dan eksis hingga saat ini. "Artinya beliau visioner dengan dikomandoi orang lain nyatanya eksis dan bahkan besar hingga saat ini," tegasnya.

Wakil Gubernur Jatim Periode 2019 - 2024, Emil Elsetianto Dardak, mengaku bangga dan meneladani karakter kepimpinan Lafran Pane. Menurut dia, Lafran Pane adalah tokoh yang tulus dalam berjuang dan menjauhkan diri dari kepentingan pribadi. Karaketer kepemiminan Lafran Pane perlu menjadi tauladan dan panutan bagi generasi muda dalam berorganisasi. Terutama mereka yang terjun ke dunia politik.

“Beliau menjadi bagaian dari sejarah perjalanan bangsa, organisasinya sampai hari ini masih berdiri HMI. Ini film yang menyuguhkan tokoh teladan,” katanya.

Suami Arumi Bachsin itu berharap agar generasi muda memperbanyak tontotan yang mendidik dan menjadi inspirasi, seperti film Lafran Pane.

Dijelaskannya, meski sekarang sudah era milenial, tetapi jiwa dan spirit Lafran Pane tetap harus tertanam dan menjadi pedoman bagi generasi muda. “Harus memperbanyak tontotan seperti ini. Mereka harus mencari tontonan yang menjadi penyemangat. Meski zamannya sudah berbeda tetapi jiwa kepemimpinannya masih relevan,”pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin membacakan sambutan Pj. Sekdaprov Jatim mengaku Lafran Pane sangat berjasa bagi perjalanan bangsa Indonesia, terutama di awal-awal kemerdekaan.

Dia berharap agar film Lafran Pane bisa menjadi pelajaran berharga dan tauladan bagi generasi muda dan para aktivis yang bernaung di HMI. "Selamat dan sukses atas peluncuran film Lafran. Kehadiran film ini menjadi penambah semangat luar biasa keluarga besar KAHMI - HMI untuk terus melanjutkan perjuangan memberikan sebesar - besarnya manfaat bagi bangsa Indonesia,"ujar Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin membacakan sambutan Pj. Sekdaprov Jatim.

Dijelaskan, satu hal yang pihak tangkap dari pertemuan nobar film Lafran ini adalah semangatnya dan keakraban yang luar biasa dari mahasiswa yang tergabung di Himpunan Mahasiswa Islam ini.

"Saya baca sekilas tentang film Lafran Pane ini beliau merupakan tokoh yang luar biasa yang membawa organisasi HMI berkembang baik hingga saat ini. Dan saya yakin mbak/mas mahasiswa bahkan para senior yang menonton ini pasti bisa menangkap semangat yang beliau sampaikan di film tersebut," katanya. (pca/s)

 

#HMI #Kadis Kominfo Jatim