Rabu, 24 April 2024

Revitalisasi GIS Darmogrand, PLN Perkuat Penyaluran Konsumen VIP Surabaya

Diunggah pada : 10 Agustus 2022 15:22:46 290
Petugas PLN melakukan energize pada Gas Insulated Switchgear (GIS) Darmogrand 150 kV

Jatim Newsroom - PT PLN (Persero) berhasil melakukan energize pada Gas Insulated Switchgear (GIS) Darmogrand 150 kV setelah dilakukannya revitalisasi. Kondisi ini mampu meningkatkan pelayanan pelanggan rumah tangga, pelaku bisnis UMKM hingga industri (konsumen VIP). 

Pekerjaan ini merupakan salah satu upaya preventif PLN dalam mengamankan serta meningkatkan keandalan sistem tegangan tinggi (TT) dengan melakukan peremajaan material yang sudah mengalami penuaan. GIS Darmogrand serta GIS Simpang telah beroperasi sejak tahun 1992, sehingga dengan peremajaan material tersebut, GIS tersebut dapat bekerja secara optimal kembali.

“Kemarin kami berhasil memberikan tegangan pada GIS Darmogrand setelah revitalisasi. GIS Darmogrand sendiri sudah beroperasi kurang lebih selama 30 tahun, sehingga harus dilakukan peremajaan material-material yang sudah tidak optimal agar keandalan dalam penyaluran energi listrik tetap terjaga” ujar General Manager PLN UIT JBM, Didik F Dakhlan dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Didik juga mengatakan, dalam pekerjaan revitalisasi GIS ini, PLN mengeluarkan biaya investasi sebesar kurang lebih Rp42 miliar. “GIS Darmogrand ini menyalurkan energi listrik ke GI Waru yang disuplai dari GI Tandes.  GIS ini juga menyuplai ke pelanggan-pelanggan tegangan tinggi atau VIP yang berada di Surabaya dan sekitarnya, sehingga keandalan pada GIS ini harus selalu optimal,” lanjut Didik.

Dengan selesainya pekerjaan revitalisasi ini dan berhasil energize, penyaluran serta pendistribusian listrik kepada seluruh pelanggan dapat lebih ditingkatkan dari sebelumnya. 

“Saat ini perekonomian telah pulih kembali sejak pandemi, sehingga kebutuhan listrik pun makin bertambah. Maka dari itu, kami lakukan pekerjaan ini agar pelanggan baik itu rumah tangga hingga industri tetap terlayani dengan baik. Beberapa waktu lalu kami juga berhasil menyelesaikan revitalisasi seperti ini pada GIS Simpang, diharapkan sistem Jawa Timur lebih andal,” jelas Senior Manager Pengembangan Sistem Transmisi Himmel Sihombing. (hjr)

 

#PLN UID Jatim