Sabtu, 2 Maret 2024

Restorasi Lingkungan, Pemkab Lamongan Tanam Dua Ribu Mangrove

Diunggah pada : 30 November 2023 15:12:18 7
Sumber foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, bersama gabungan eks Brimob dan Polairud Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro menanam dua ribu pohon Mangrove, Kamis (30/11/2023) di Pantai Kutang, Kecamatan Brondong.

Mengutip rilis Pemkab Lamongan, Penanaman serentak tersebut dilaksanakan dalam rangka menandai Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob ke-78 dan Polairud ke-73. Tujuananya, untuk merestorasi lingkungan serta melakukan mitigasi bencana alam, iklim, melindungi pantai dari abrasi menghambat intrusi air, dan mengurangi tekanan gelombang, serta memperbaiki lingkungan pesisir.

"Kegiatan ini sangat saya apresiasi karena wujud kepedulian yang sangat besar dan penting dalam upaya menjaga kualitas lingkungan. Juga untuk mengurangi polusi udara dan emisi yang akhir-akhir ini memprihatinkan terutama di wilayah Jabodetabek," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes itu saat memberikan amanat dalam Apel pembukaan penanaman dua ribu pohon Mangrove pagi ini.

Selanjutnya Pak Yes mengajak agar Lamongan selalu aktif dalam merestorasi ekosistem Mangrove. Karena pada 20 tahun terakhir ini Global Mangrove Allience memperkirakan lebih dari 60% telah hilang atau terdegradasi. Terlebih Indonesia menjadi negara yang memiliki hutan Mangrove seluas 20 sampai dengan 25% dari potensi Mangrove secara global.

"Kita harus menggencarkan penanaman Magrove di pesisir pantai. Karena kondisi hilangnya 60% Mangrove di Indonesia, akan menyebabkan hutan Mangrove 3 sampai 5 kali lebih cepat hilang. Karena fungsi dari akar-akar pohon Mangrove yang kuat sangat membantu menjaga stabilitas tanah di sekitar garis pantai," ajak Pak Yes.

Pada kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, Pak Yes juga menekankan agar pencegahan harus terus dilakukan sebagai bentuk kontribusi menjaga lingkungan secara global. Meskipun menurut data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan Indeks Kualitas Udara (IKU) menduduki kategori baik yakni 86,43. (ghf/s)

#Kabupaten Lamongan