Sabtu, 20 April 2024

Relawan PMI Banyuwangi Bersihkan Sisa Longsor di Jalur Wisata Ijen

Diunggah pada : 7 Juli 2022 17:52:52 131
Relawan PMI Banyuwangi lakukan pembersihan jalan akibat sisa longsor

Jatim  Newsroom - Guna normalisasi jalan akibat intensitas hujan tinggi sehingga menyebabkan tanah longsor di jalur menuju wisata Kawah Ijen. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi mengirimkan lima orang relawannya untuk ikut berperan serta bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam membantu pembersihan sisa longsor sepanjang jalan kawasan Erek-Erek dengan membawa alat semprot air dan tangki air mulai tanggal 5-6 Juli 2022.

Bahkan PMI Kabupaten Banyuwangi juga memberikan bantuan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan pengendara sepeda motor yang terjatuh akibat jalanan licin. Selain itu PMI Kabupaten Banyuwangi juga telah menyiagakan Tim  Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di Desa Tamansari Kecamatan Licin untuk memberikan informasi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana. Kegiatan ini  termasuk rangkaian  program tahunan PMI Banyuwangi dalam memberikan pelayanan bantuan tanggap darurat bencana.

“Hal ini dilakukan sesuai dengan kemampuan PMI membantu pemerintah dan masyarakat supaya aman terutama bagi pengendara roda 2 menuju tempat wisata dan penghubung ke kabupaten Bondowoso serta normalisasi jalan dari lumpur akibat longsor khususnya di jalur menuju Kawasan Kawah Ijen Desa Tamansari Kecamatan Licin. Daerah ini rawan dan sering terjadi longsor, ujar Ismiati Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Banyuwangi saat memberikan keterangan di ruang kerja, Kamis (07/07/2022).

Tingginya curah hujan di kawasan wisata Kawah Ijen membuat longsor di beberapa jalur menuju wisata Kawah Ijen Banyuwangi, tepatnya di tanjakan erek-erek.

Tebing setinggi 6 meter ambrol setelah diguyur hujan deras. Material longsor menutup akses jalan sepanjang sekitar 30 meter. Akibat kejadian ini, jalur menuju wisata Ijen sempat ditutup sementara, karena tak bisa dilalui kendaraan

“Hujan deras membuat tebing setinggi 6 meter ambrol. Panjang jalan yang tertimbun sekitar 35 meter,” kata petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Ade S

Tebing yang ambrol diikuti longsoran pepohonan, sehingga menghalangi akses jalan. Petugas harus menunggu alat berat untuk melakukan evakuasi longsor. (Aud/s)

 

#pmi