Selasa, 31 Januari 2023

Raih 2 Penghargaan SATA Jatim, Diskop-UKM Terus Upayakan Perbaikan Data

Diunggah pada : 20 Juni 2022 13:59:11 52
Sumber Foto: diskopukm.jatimprov.go.id

Jatim Newsroom – Usai menerima penghargaan Satu Data (SATA) Jatim Awards Tahun 2022 dari Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim), Andromeda Qomariah, menyemangati para pegawainya dalam Apel di hari Senin (20/6/2022). 

Andromeda menerangkan bahwa dalam gelaran penghargaan yang dilaksanakan di Hotel Vasa Surabaya tersebut, Diskop-UKM Jatim menyabet 2 (dua) buah penghargaan yaitu sebagai Dinas Terbaik I Kategori Lembaga dan Peringkat III Operator Satu Data Jatim a.n. Aisyah Aminy. 

Kadis Andromeda memaparkan tentang era globalisasi dan digitalisasi sebagai sebuah keniscayaan yang harus direspons cepat karena informasi menjadi sangat penting. 

“Maka dengan mengembangkan co working space, rumah digital, atau apapun namanya, kita sepakat bahwa data merupakan bagian terpenting, baik untuk perencanaan maupun untuk menyusun sebuah kebijakan,” sambung Andromeda. 

Kadiskop-UKM Jatim menambahkan, data menjadi media untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Ke depan inovasi dan karya nyata tidak hanya terkait informasi dan kegiatan pemberdayaan, tetapi juga membangun data yang ter-update seperti jumlah koperasi, peluang usaha, atau data tentang NIB (Nomor Induk Berusaha), dll. 

“Ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Saat ini  mereka ingin membangun usaha, mereka sudah tahu peluangnya,” imbuh Andromeda. 

Sebagai informasi, saat ini sedang dilakukan pendataan sejumlah 1,94 juta UMKM Jawa Timur. “Kami ingin target ini tercapai dan meraih terbaik se-Indonesia. Perlu kolaborasi dengan BPS Jawa Timur dan ITS.  Dari sisi pelayanan, Jawa Timur meraih Terbaik dengan nilai tertinggi di Indonesia yaitu 99.36 %. Tetapi, ini harus diwujudkan melalui data riil yang terintegrasi antar Organisasi Perangkat Daerah,” pungkas Andromeda. (idc/s)

#Diskop UKM Jatim #satu data #sata jatim