Minggu, 29 Januari 2023

Puslit Tembakau PTPN X Jember Latih Petani Tembakau Jateng

Diunggah pada : 7 Juni 2022 15:24:12 215
Sekitar 30 orang dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Distanbun Jateng) berkunjung di Puslit Tembakau PTPN X, Jember untuk mengikuti pelatihan bertajuk Teknologi Budidaya Tembakau.

Jatim Newsroom - Sekitar 30 orang dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Distanbun Jateng) berkunjung di Puslit Tembakau PTPN X, Jember untuk  mengikuti pelatihan bertajuk Teknologi Budidaya Tembakau.

“Para peserta ini berlatar belakang petani dan penyuluh pertanian,” terang Jaka Kuswara selaku koordinator lapang dari Distanbun Jateng, Selasa (7/6/2022).

Mereka ini, sambung Jaka, berasal dari 11 kabupaten di Jawa Tengah, yakni Boyolali, Klaten, Kendal, Rembang, Wonosobo, Wonogiri, Temanggung, Blora, Magelang, Demak, dan Grobogan.

Dalam pelatihan di awal Juni ini, mereka menimba tiga ilmu sekaligus yang disampaikan oleh tiga narasumber internal Puslit Tembakau. Adalah Isti Wahyuti yang didapuk sebagai narasumber pertama dengan mengetengahkan tema berjudul Budidaya Tembakau. Selanjutnya ada Vardianata Yoedistira Virdawan mengampu materi Pengendalian Hama Penyakit Tembakau. Kemudian Okta Prima Indahsari sebagai pemateri ketiga membidik materi bertajuk Diversifikasi Produk Tembakau.

Usai mendapatkan materi di dalam kelas, para peserta diajak berkeliling melihat langsung lokasi pembibitan tembakau, proses pembuatan pillen benih tembakau, proses pembuatan diversifikasi produk tembakau serta melihat hasil pembiakan isolat jamur Phytoptora Nicotiana.

Untuk melengkapi wawasan dunia tembakau, peserta juga diajak melihat proses pembuatan cerutu home made di Koperasi Kertanegara dan lahan tembakau Blok Ajung Wetan A Kebun Tembakau PTPN X.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan dan kunjungan lapang di Puslit Tembakau PTPN X, pengetahuan penggiat tembakau di Jawa Tengah semakin luas dan semakin produktif dalam usaha tani tembakau,” tutup Jaka. (jal/hjr)

#jember #PTPN X