Selasa, 16 April 2024

Pupuk Semangat Kedisiplinan Siswa, Pemkab Mojokerto Gelar Lomba Kreasi Baris Berbaris

Diunggah pada : 1 Maret 2023 19:07:44 36
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom –  Guna memupuk semangat kedisiplinan bagi para pelajar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, Pariwisata (Disbudporapar) menggelar lomba kreasi baris berbaris tahun 2023 tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Mojokerto, di Gor Gajah Mada Mojosari, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Rabu (1/3/2023).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dan diikuti sedikitnya 16 pleton dari masing-masing SMA. Diantaranya, SMAN 1 Gedeg, SMKN 1 Pungging A, MAN 1 Mojokerto A, SMAN 1 Pacet, SMAN 1 Mojosari, MAN 1 Mojokerto B, SMKN 1 Dlanggu, SMKN 1 Pungging B, SMKN 1 Sooko B, SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Dawarblandong, SMKN 1 Sooko A, SMAN 1 Gedeg B, SMK Raden Rahmat, SMKN 1 Kemlagi, SMAN 1 Bangsal.

Bupati Ikfina mengatakan kegiatan ini merupakan dukungan dari Pemkab Mojokerto untuk mengajak dan mendidik generasi muda betapa pentingnya nilai-nilai kedisiplinan. Melalui lomba ini, Ia berharap mampu terjalin rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar, menumbuhkan ajang silaturahmi dan kreativitas, serta menanamkan rasa tanggung jawab.

"Baris berbaris ini membentuk kerjasama antar tim. Meskipun ini ekstrakulikuler sekolah. Tetapi tidak semua anak bisa baris berbaris. Karena ini tergantung atas kemampuan dan kemauan untuk mengasah kreativitasnya," tutur Ikfina.

Menurut Bupati Ikfina, kegiatan ini perlu dukungan dari berbagai pihak agar terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Sehingga bisa menjaga dan menumbuhkembangkan nilai-nilai kebangsaan maupun patriotisme.

“Semoga kegiatan ini juga dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kekompakan, yang nantinya akan membentuk kedisiplinan pribadi. Karena di usia kalian adalah umur yang potensial untuk mengembangkan mental dan kepribadian siswa," pungkasnya.  

Selain Bupati Ikfina, kegiatan itu juga dihadiri oleh Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Mojokerto, Kepala Disbudporapar, Forkopimca Mojosari, serta para Kepala Sekolah SMA/SMK delegasi peserta lomba. (vin)

#Bupati Mojokerto #Pemkab Mojokerto