Senin, 24 Juni 2024

Puncak Peringatan May Day di Ponorogo Berlangsung Kondusif

Diunggah pada : 16 Mei 2023 17:44:07 60
Bupati Sugiri Sancoko senam bersama pekerja dan pengusaha di halaman belakang kantor Disnaker Ponorogo, Selasa (15/5/2023) Foto erwin suganda

Jatim Newsroom - Puncak peringatan Hari Buruh di Kabupaten Ponorogo ditandai dengan kebersamaan dan berlangsung kondusif. Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, merayakannya dengan senam bersama para pekerja dan pengusaha, di halaman belakang kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Selasa (16/5/2023).

Ikut hadir dalam kegiatan itu,  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Agus Pramono. 

Pengurus dan anggota Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) serta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) turut membaur bersama jajaran kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Ponorogo. Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan rasa syukurnya karena peringatan May Day (Hari Buruh) yang jatuh 1 Mei tanpa diwarnai aksi demonstrasi oleh kalangan pekerja di Ponorogo.

‘’Jos, saling rukun dengan membangun kebersamaan. Selamat ber-May Day,’’ kata Kang Bupati –sapaan Bupati  Sugiri Sancoko.    

Kang Bupati mengungkapkan, selama ini sudah terjalin silaturahmi yang baik antara pemerintah daerah, serikat buruh, dan asosiasi pengusaha. Ketiga pihak saling berkreasi demi kemajuan daerah. Dalam suasana kebersamaan dan Lebaran, Kang Bupati juga memohon maaf lahir dan batin.  ‘’Semoga dengan terjalinnya silaturahmi ini, semua yang diharapkan dapat tercapai. Pekerja sukses, pengusaha sukses dan makmur semuanya,’’ ungkapnya.

Kepala Disnakertrans Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, mengatakan, Kabupaten Ponorogo adalah salah satu daerah penyumbang Pekerja Migran Indonesia (PMI) terbesar di Jatim. Negara tujuan paling diminati adalah Taiwan, Hongkong, dan Korea Selatan. ‘’Negara yang dituju itu pilihan tepat. Perlu persiapan kecakapan bahasa dan keterampilan,’’ ujarnya.

Dirinya mendengar jika di Ponorogo bakal dibangun Kampung Korea dan Kampung Jepang. Jika program itu berjalan, maka dapat menjadi percontohan bagi daerah lain di Jawa Timur. ‘’Mudah-mudahan apa yang dilakukan Ponorogo dapat diadopsi oleh daerah lain,'' pungkasnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #Polres Ponorogo