Kamis, 18 Juli 2024

Puluhan Ribu Jemaah Padati Alun-Alun Ponorogo Ikuti Pengajian Gus Iqdam

Diunggah pada : 13 Desember 2023 20:16:00 183
Para jemaah rela duduk di jalan untuk mendengarkan pengajian Gus Iqdam di Alun-Alun Ponorogo, Rabu (13/12/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Tipikal Kota Santri. Alun-Alun Ponorogo kerap menjadi venue pengajian dengan jumlah jemaah bejibun. Kharisma Gus Iqdam mampu menyedot puluhan ribu jemaah hingga meluber di jalan sekeliling lapangan besar itu, Rabu (13/12/2023).

Pemkab Ponorogo yang punya gawe bareng Pondok Pesantren (PP) KH Syamsuddin Duri Sawo tatkala mendatangkan kiai muda Muhammad Iqdam Kholid, nama lengkap Gus Iqdam. Tidak hanya dari Ponorogo, jemaah juga datang dari Trenggalek, Pacitan, Madiun, Ngawi, Magetan, dan Wonogiri.

Mereka sengaja berdatangan sejak pagi untuk mendapatkan tempat duduk di barisan depan. Bahkan, ada yang rela bermalam di lokasi.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan bahwa sengaja mengundang dai muda yang dekat dengan kaum milenial. Dengan rajin mengikuti kajian agama, maka moral generasi muda di Ponorogo akan semakin baik. Apalagi, Gus Iqdam dikenal dengan gaya dakwah yang ringan dan menghibur. “Gus Iqdam sangat populer di kalangan anak muda," kata Kang Bupati —sapaan Bupati Sugiri Sancoko.

Kang Bupati juga berharap kehadiran Gus Iqdam menjadikan berkah untuk Ponorogo, serta uswatun khasanah dan mauidhah khasanah untuk masyarakat. “Saya ingin mengadakan kajian rutin yang menghadirkan dai yang dekat dengan anak muda. milenial, konten-konten dakwah yang penuh kecintaan, keakraban, dan kedamaian, jelasnya. 

Sementara itu, Gus Iqdam mengungkapkan baru kali pertama mendapat undangan dari Pemkab Ponorogo dan bertemu dengan Kang Bupati Sugiri Sancoko. "Beliau ini luar biasa karena sangat peduli dengan masyarakatnya," ungkap Gus Iqdam.

Penceramah yang terkenal dengan gaya santai khas obrolan anak muda itu mendoakan Kang Bupati selalu dalam lindungan Allah SWT. “Sehingga dapat memimpin Ponorogo dalam kondisi adem ayem, tenteram, dan religius, tegasnya. 

Jauh hari sebelum Gus Iqdam, di Alun-Alun Ponorogo juga pernah digelar pengajian Gus Ali Gondrong dengan jemaah mafia selawatnya. Sebelum itu, Habib Husein Bin Ja’far Al Hadar memberi tausiah di Pendopo Agung bersamaan Tim Penggerak (TP) PKK Ponorogo menggelar halal bihalal, (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo