Kamis, 28 Maret 2024

PSSI Jatim Siapkan Tiga Calon Pelatih Tim Proyeksi PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara

Diunggah pada : 18 Juli 2022 18:25:57 483
Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin

Jatim Newsroom - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur sudah siap menatap Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin mengatakan telah menyiapkan langkah-langkah untuk menyambut PON XXI, baik untuk tim putra maupun putri. Dari hasil rapat Exco Asprov PSSI Jatim Amir mengaku  ditugaskan menjadi penanggung jawab. "Sekarang kami tinggal menunggu koordinasi dengan KONI Jatim, apakah sepakbola masuk Puslatda atau tidak. Sebagai peraih medali perunggu di PON Papua tentunya sepakbola ingin masuk Puslatda," kata Amir, Senin (18/7/2022).

Raihan medali perunggu ini terbilang lompatan prestasi bagi sepakbola setelah

sebelumnya di PON Riau 2012 gagal meraih medali dan PON Jawa Barat 2016 bahkan tidak lolos dari babak Pra PON.

Untuk persiapan tim tentunya membutuhkan pelatih, untuk ini Asprov PSSI Jatim juga sudah mempunyai nominasi siapa pelatih yang bakal menangani tim Jatim proyeksi PON 2024.

Menurut Amir ada tiga kandidat pelatih yang  disiapkan PSSI Jatim. " Untuk tim putra ada tiga nomine pelatih yaitu coach Fahri Husaini, Joko Susilo, dan Uston Nawawi,

"Kebetulan Joko Susilo dan Uston adalah anggota komite teknik PSSI Jatim," tambah Amir.

Ketiga nama ini berdasarkan hasil rapat Asprov PSSI Jatim. Tapi untuk menentukan siapa yang akan dipilih atas koordinasi dengan KONI Jatim. Amir menyebutkan, untuk memilih pelatih tergantung dari tiga hal, yakni target, budgeting, program secara umum. "Karena program secara khusus akan dirumuskan oleh pelatih," tambah Amir.

CEO Deltras ini juga menambahkan, ketiga pelatih ini memiliki kualifikasi yang sangat tinggi karena mereka telah memiliki lisensi kepelatihan yang mumpuni. Ketiga pelatih itu berlisensi AFC Pro.

Dari ketiga juru taktik tersebut, Fahri dan Joko bisa dibilang memiliki pengalaman yang cukup matang sebagai pelatih. Mereka berpengalaman menangani sejumlah tim Liga 1. Fahri bahkan pernah membawa timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF dan juga membawa tim PON Aceh meraih medali perak di PON Papua lalu.

Tercatat, Fahri pernah menangani Bontang FC (2008-2013), Persiba Balikpapan (2021), dan Borneo FC (2022), dan saat ini melatih Persela Lamongan yang nanti berlaga di Liga 2.

Sementara itu, Joko pernah membesut Arema FC (2007-2018) sebagai asisten, Arema 2018-2020 sebagai pelatih kepala, Persik Kediri (2020-2021) dan klub Liga 2, PSG Pati (2022).

Sedangkan Uston Nawawi tercatat pernah menangani klub Liga 2 PSIR Rembang (2016), Persebaya U-20, Lampung FC, dan sekarang menjadi asisten pelatih Persebaya.

Setelah memilih pelatih, tahapan selanjutnya adalah memilih pemain. Menurut Amir, ada beberapa mekanisme pemilihan pemain. Selain hasil dari pantauan tim talent scouting di Porprov VII Jatim, juga ada sejumlah saluran lain untuk merekrut pemain.

Adapun beberapa saluran tersebut meliputi seleksi pemain dari Liga 3, Piala Soeratin U-17, Elite Pro Academy. "Setiap tahun akan ada promosi dan degradasi. Semua tergantung progres pemain selama satu tahun menjalanitraining camp atau Puslatda," sebut Amir.

Untuk model Puslatda sendiri, Amir belum bisa menentukan lantaran tergantung dari hasil koordinasi dengan KONI Jatim.(Hen/hjr)

#pssi jatim #KONI Jatim