Rabu, 17 April 2024

Promosikan Produk Indonesia, Kadin Jatim Ikuti Pameran TTIC Bangkok

Diunggah pada : 17 September 2022 14:05:49 46
Keterangan Foto: (Kiri ke kanan) Moch Sholihin ketua kadin kota Kediri, Duta Besar Republik Indonesia di Thailand, David Tompo Wahyudi ketua kadin kabupaten Kediri.

Jatim Newsroom-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur berupaya menjembatani pengusaha Jatim untuk melakukan promosi  potensi perdagangan, nvestasi, pariwisata dan budaya Indonesia, khususnya Jawa Timur ke Thailand dengan  mengukuti pameran "Forum Trade, Tourism, Invesment dan Culture" (TTIC).

Pameran yang diselenggarakan oleh KBRI di Bangkok Thailand tersebut digelar mulai hari Jumat (16/9/22) hingga Minggu (18/9/2022). Rangkaian kegiatan TTIC meliputi pameran perdaganagan, business forum dan business match making, Indonesian cultural night dan art exhibition (pameran lukisan). 

Pameran perdagangan menampilkan serta mempromosikan industri kreatif Indonesia, produk UMKM berkualitas dan industri yang ramah lingkungan. Sementara business match making berbentuk pertemuan one on one, mempertemukan pengusaha Indonesia dengan Thailand.

"Kami berharap, kegiatan TTIC ini mampu meningkatkan nilai ekspor RI dan Jatim ke Thailand, mendorong investasi dua arah, meningkatkan kunjungan arus wisatawan Thailand ke Indonesia dan Jatim," ujar Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto ketika dikonfirmasi dari Surabaya, Sabtu (17/2022).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hubungan dagang antara Indonesia dan Thailand sudah terjalin sejak lama, tepatnya pada tahun 1950. Hingga tahun 2020, Indonesia telah menjadi mitra dagang global Thailand yang berada di peringkat ke-delapan, naik setu peringkat dari posisi ke-sembilan pada tahun 2019.

"Pada tahun 2020, walaupun di masa pandemi Covid-19, volume perdagangan antar kedua negara mencapai US$ 11,59 miliar, dengan ekspor Indonesia mencapai US$ 5,11 miliar dan impor sebesar US$ 6,48 miliar sehingga mengalami devisit sebesar US$ 1,37 miliar, tambah Adik.

Thailand juga merupakan tujuan populer bagi wisatawan Indonesia dimana pada tahun 2019, tercatat wisatawan Indonesia yang masuk ke Thailand mencapai 709.000. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan Thailand ke Indonrsia mencapai 139.699 orang. Walaupun di tahun 2020 jumlah kunjungan baik ke Thailand maupun ke Indonrsia mengalami penurunan drastis akibat Covid-19. 

"Untuk menaikkan kembali kinerja perdagangan, investasi, pariwisata dan budaya, maka KBRI menggelar pameran TTIC ini," ujarnya. 

Selain sejumlah industri, baik menengah maupun sedang dan UMKM, beberapa Ketua Kadin Kabupaten kota juga ikut dalam rombongan tersebut, diantaranya Ketua Kadin Kabupaten Banyuwangi David Wijaya Tjoek, Ketua Kadin Kabupaten Kediri David Tompo dan Ketua Kadin Kota Kediri M. Solikhin.

Adapun beberapa produk dari Jatim yang dipamerkan diantaranya adalah garmen, batik dan tenun, produk kelautan, produk herbal, tepung mocaf, makanan dan minuman, kopi dan lain sebagainya.(mad/hjr)

#Kadin Jawa Timur