Kamis, 28 Maret 2024

Program Sekolah Serentak Jawab Problem Lulusan SD+2 Tahun di Ponorogo

Diunggah pada : 7 Desember 2022 7:54:47 67
Foto : istimewa

Jatim Newsroom - IPM (indeks pembangunan manusia) Ponorogo masih di angka 72,4 persen. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengaku risau karena harapan lama sekolah penduduk berusia tujuh tahun di Ponorogo hanya sampai kelas IX SMP. Padahal, tingkat pendidikan amat menentukan mindset (pola pikir) seseorang.

Untuk itu pihaknya mencanangkan sekolah serentak yang bakal menyentuh 2.100 peserta didik kelompok belajar paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA). Dengan begitu, rata-rata harapan lama sekolah di Ponorogo yang hanya SD plus dua tahun (SD+2) bakal tereduksi. Dimensi pengetahuan ikut menjadi tolok ukur IPM yang menggambarkan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dari sektor pendidikan.

"IPM sedemikian penting karena juga menjadi ukuran seberapa masyarakat memiliki harapan umur panjang dan hidup sehat, tingkat pengetahuan, serta standar hidup layak," jelas Kang Bupati sapaan akrap Bupati Sugiri Sancoko dalam peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) ke-18 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 di balai Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan, Selasa (6/12/2022).

Selain itu, Kang Bupati juga meminta agar Ibu-ibu anggota PKK harus berperan mendorong anaknya untuk terus sekolah.

"Di negara maju, harapan lama sekolah penduduknya minimal SMA sederajat," katanya

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko mengungkapkan komitmennya dalam mendukung program dan kebijakan pemerintah. Apalagi, PKK yang merupakan gerakan nasional itu bertujuan memberdayakan setiap keluarga agar dapat hidup sejahtera, maju, dan mandiri.

"Program pokok PKK yang berjumlah 10 itu sudah mewakili semua sektor dalam pembangunan," ungkapnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo