Jumat, 29 Maret 2024

Program RPL, Unusa Siap Buka 9 Prodi

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 9:26:21 460
Rektor Unusa Prof Ri Ir Achamd Jazidie, M.Eng

Jatim Newsroom - Dalam pelaksanaan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berencana membuka sembilan program studi, yang sebelumnya hanya tiga prodi.

Rektor Unusa Prof Ri Ir Achamd Jazidie, M.Eng, Senin (15/8/2022) mengatakan, karena jauh sebelum penunjukan tahun lalu untuk penyelenggaraan RPL di tiga prodi, Unusa sudah pernah melakukan di tahun sekitar 1980-an untuk lulusan SPK ke pengakuan D3 Bidan dari Kemenkes waktu itu, maka rasanya tidak ada kendala jika Unusa membuka RPL untuk Prodi yang lain.

“Kami berencana menyiapkan tambahan enam Prodi baru untuk RPL selain tiga prodi yang sudah dijalankan tahun lalu yaitu, S1 Keperawatan, S1 Gizi dan S1 Pendidikan PAUD. Jadi tahun ini kami total menyiapkan membuka Sembilan Prodi untuk RPL dengan tiga yang sudah berjalan setahuin sebelumnya. Lima Prodi baru yang akan disiapkan masing-masing Prodi PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, Akuntansi, Sistem Informasi, dan D4 Analis Kesehatan,” katanya. 

Jazidie menyambut baik pelaksanaan Program RPL ini, selain untuk memberi kesempatabn kepada masyarakat untuk kuliah dan meningkatkan APK Pendidikan tinggi, juga ada beberapa peraturan yang melalui keputusan di tingkat kementerian menyaratkan harus lulusan S1.

“Di kebidan dan keperawat sekarang peraturan kementerian kesehatan sudah mewajibkan tenaga kerja di bidang itu lulusan S1, sementara di beberapa tempat masih banyak yang lulusan D3 atau bahkan D1 dan D2. Mereka akan dikemanakan jika tidak ada jalur RRL,” katanya.

Melalui jalur RPL ini maka praktik multi exit, multi entry akan berjalan sekaligus pengakuan terhadap dunia kerja, sehingga link and mach atau ketaut suaian bisa berjalan, antara diunia kerja dan dunia industri.(ern/s)

#unusa