Selasa, 23 April 2024

Program Padat Karya, Disnaker Probolinggo Bangun Jalan Rabat Beton

Diunggah pada : 12 November 2022 18:48:31 55
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Ketransmigrasian dan Perluasan Kesempatan Kerja, Akhmad.

Jatim Newsroom - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Probolinggo akan melakukan pembangunan jalan rabat beton melalui program padat karya. Pembangunan jalan rabat beton ini akan dilaksanakan di Desa Jangkang Kecamatan Tiris, Desa Kalianan, Kecamatan Krucil dan Desa Brabe Kecamatan Maron.

Untuk di Desa Kalianan, program padat karya dilaksanakan di Dusun Mandati RT 14 RW 04 dengan panjang 245 meter, lebar 2 meter dan ketebalan 12 cm. Di Desa Jangkang dilaksanakan di Dusun Lalangan RT 01 RW 01 dengan panjang 575 meter, lebar 1 meter dan ketebalan 12 cm.

Sementara di Desa Brabe, program padat karya akan dilaksanakan di Dusun Sumur RT 15 RW 05 dengan panjang 145 meter, lebar rata-rata 2 meter dan ketebalan 12 cm serta Dusun Krajan RT 03 RW 01 dengan panjang 140 meter, lebar rata-rata 2,5 meter dan ketebalan 12 cm.

“Program padat karya di 4 titik pada 3 desa ini akan dilaksanakan selama 3 minggu. Masing-masing titik disiapkan anggaran sebesar Rp 200 juta,” kata Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Ketransmigrasian dan Perluasan Kesempatan Kerja, Akhmad.

Menurut Akhmad, awalnya jalan ini adalah jalan tanah. Pembangunan rabat beton karena jika hujan jalannya becek dan licin sehingga sulit untuk dilewati. “Pada intinya program padat karya ini dilakukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk memberikan penghasilan sementara kepada masyarakat,” jelasnya.

Akhmad menjelaskan, sesuai dengan SSH (Standar Satuan Harga), untuk tukang akan diberi bayaran sebesar Rp 105 ribu per hari dan pekerja sebesar Rp 95 ribu per hari. Mereka akan bekerja selama 6 hari dan libur pada hari Jum’at.

“Tukang dan pekerja ini akan dibayar setiap hari Kamis. Masing-masing titik nantinya akan menampung sebanyak 60 orang tukang dan pekerja. Setiap tukang akan membawahi sebanyak 20 pekerja. Sehingga setiap titik aka nada 3 tukang dan bekerja selama 3 minggu,” terangnya.

Sebelum memulai program padat karya ini, Disnaker memberikan edukasi dan rembuk masyarakat pembuatan jalan rabat beton di Desa Jangkang Kecamatan Tiris, Selasa (8/11/2022); Desa Kalianan Kecamatan Krucil, Rabu (9/11/2022) dan Desa Brabe Kecamatan Maron, Kamis (10/11/2022). “Edukasi dan rembuk masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan program padat karya,” ujarnya.

Akhmad menerangkan sasaran dari tukang dan pekerja ini adalah masyarakat yang menganggur dan setengah menganggur. Mereka diseleksi secara ketat oleh kepala desa. Program padat karya ini disambut sangat antusias oleh masyarakat. Sebab mereka bisa menerima penghasilan sementara selama 3 minggu.

“Harapannya program padat karya berupa pembangunan jalan rabat beton ini bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih masyarakat bisa mendapatkan penghasilan sementara sebagai upaya untuk mengurangi pengangguran,” pungkasnya.(ern)

#kabupaten probolinggo