Selasa, 26 September 2023

Program KPP Disdagkop UM Bojonegoro untuk Pedagang Bojonegoro

Diunggah pada : 4 Januari 2023 12:00:48 81
Istimewa

Jatim Newsroom - Salah satu dari 17 program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus digencarkan, yakni program Kartu Pedagang Produktif (KPP) yang bertujuan mensejahterakan para pedagang serta untuk meminimalisir risiko pedagang terjebak rentenir. Hingga saat ini, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro  (Disdagkop UM) telah mencetak sebanyak 38.715 KPP.

Kepala Bidang Bina Usaha Perdagangan dan Usaha Mikro, Disdagkop UM, Agus Setiadi Rakhman, mengatakan bahwa program KPP dilakukan dengan pemberdayaan usaha mikro melalui pelatihan, pendampingan, bantuan fasilitas permodalan dan perbaikan sarana dan prasarana perdagangan. Program ini dalam rangka menumbuhkan iklim usaha, pengembangan usaha, pembiayaan dan kemitraan. Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro bekerja sama dengan PD BPR Bank Daerah Bojonegoro. Dan  Pemkab Bojonegoro memberikan subsidi bunga pinjaman bagi penerima Kartu Pedagang Produktif (KPP).

“Pemberian subsidi bunga diberikan sebesar 3% (tiga persen) dari 6% (enam persen) bunga kredit per tahun dengan pinjaman di atas Rp 5 juta sampai dengan Rp 25 juta. Juga sebesar 2% (dua persen) dari 3% (tiga persen) bunga kredit per tahun dengan pinjaman 0 (nol) sampai dengan Rp 5 juta. Tahun 2023 juga sudah kita anggarkan untuk subsidi juga,” jelasnya., Selasa (3/1/2023)

Agus Setiadi Rakhman juga berharap UMKM di Bojonegoro dapat memanfaatkan kebijakan dari program KPP tersebut. (yan/n)

#bojonegoro