Jumat, 29 Maret 2024

Probolinggo Gelar Lomba Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan

Diunggah pada : 28 September 2022 13:23:26 20
Presentasi lomba penyelenggaraan pemerintahan kecamatan tahun 2022

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan menggelar lomba penyelenggaraan pemerintahan kecamatan tahun 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk menilai kondisi empiris dari pelaksanaan urusan Pemerintahan Daerah yang dilimpahkan oleh Bupati kepada Camat dalam rangka Otonomi Daerah

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, H. Soeparwiyono, saat memimpin presentasi, Selasa (27/9/2022) mengatakan, kegiatan tersebut juga untuk menilai kondisi empiris dari pelaksanaan urusan Pemerintahan Daerah yang dilimpahkan oleh Bupati kepada Camat dalam rangka Otonomi Daerah.

“Kegiatan tersebut untuk mendorong kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintahan di kecamatan guna mempercepat pelaksanaan pembangunan, mengembangkan berbagai kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan program pembangunan yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, mendorong Pemerintah Kabupaten melaksanakan evaluasi terhadap kinerja kecamatan serta tersedianya hasil evaluasi kinerja kecamatan sebagai bahan kebijakan Bupati untuk melakukan pembinaan kecamatan,” katanya.

Sementara menurut Roby, tim penilai terdiri dari Sekretaris Daerah sebagai Ketua Tim, Asisten Pemerintahan dan Kesra sebagai Wakil Ketua Tim, Kabag Pemerintahan sebagai Sekretaris serta anggota dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Organisasi serta 3 orang staf Bagian Pemerintahan.

Dikatakannya, tahapan kegiatannya meliputi penilaian administrasi, penilaian presentasi dan peninjauan lapangan bagi yang lolos 3 (tiga) kecamatan terbaik. “Kecamatan Kuripan tidak dapat mengikuti penilaian sinergisitas kinerja penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan ini dikarenakan terjadi kekosongan Camat dan Sekretaris Camat,” ujar Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Probolinggo Roby Siswanto.

Untuk kegiatan ini nantinya akan diambil peringkat I, II dan III kecamatan terbaik yang akan mendapatkan piagam serta uang pembinaan. Juara I uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000, juara II uang pembinaan sebensar Rp 4.000.000 dan juara III uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000.

Kecamatan peringkat I akan menyusun makalah kinerja kecamatan sesuai dengan sistematika yang tertuang dalam lampiran juknis disertai data pendukungnya diusulkan ke Gubernur Jawa Timur melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah untuk mengikuti penilaian sinergitas kecamatan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Presentasi ini diikuti semua kecamatan di wilayah Kabupaten Probolinggo ditetapkan sebagai peserta penilaian sinergisitas kinerja penyelenggaraan pemerintahan di kecamatan. Apabila terjadi kekosongan jabatan Camat, maka Sekretaris Camat dengan masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun ditunjuk sebagai wakil kecamatan.(ern/s)

 

 

#kabupaten probolinggo