Jumat, 19 April 2024

Presiden Beri Arahan Pertahankan Tren Pertumbuhan Positif

Diunggah pada : 10 Mei 2022 5:47:50 198
Sumber Foto: Tangkapan Layar Bahan Tayang dalam Berita Resmi Statistik edisi 09 Mei 2022

Jatim Newsroom – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2022 menunjukkan tren positif dan menembus angka 5,01%. Kelompok provinsi di Pulau Jawa mendominasi struktur ekonomi tanah air secara spasial dengan peranan sebesar 57,78% (YoY) dan kinerja ekonomi yang mengalami pertumbuhan sebesar 5,07% dibanding triwulan I-2021.

Seperti diberitakan infopublik.id, dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar Senin (9/5/2022), Presiden RI, Joko Widodo, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi pada triwulan II selanjutnya perlu terus ditingkatkan secara optimal oleh instansi pemerintah terkait.

Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah pengelolaan ekonomi makro dan mikro yang dilakukan secara mendetail. Khususnya, dalam hal yang berkaitan dengan sektor pangan dan energi dalam negeri. 

Kedua sektor tersebut harus mendapatkan perhatian dari para pemangku kepentingan atau instansi pemerintah. Mengingat, keduanya memiliki pengaruh yang besar terhadap stabilitas perekonomian dalam negeri beberapa waktu ke depan. 

"Urusan pangan, urusan energi harus juga dilakukan pertemuan mingguan, karena betapa pentingnya pengelolaan dua hal ini bagi stabilitasi, stabilitas ekonomi kita," ujar Presiden Jokowi. 

Secara khusus, Presiden Jokowi meminta instansi pemerintah mewaspadai krisis global yang diakibatkan oleh perang antara Ukraina dengan Rusia yang terjadi dalam sebulan terakhir. 

Hal yang juga perlu diwaspadai adalah kebijakan agresif Amerika Serikat dalam meredam inflasi karena bisa berdampak negatif bagi negara-negara lain di seluruh penjuru dunia. (idc/s)

#Presiden RI #Joko Widodo #Pertumbuhan Ekonomi