Jumat, 2 Desember 2022

Prasetio, PM Distra UPT RSBN Malang yang Sukses Bahagiakan Orang Tua

Diunggah pada : 8 Juli 2022 9:26:52 38
Prasetio Mardi Utomo, eks PM dari Kabupaten Madiun

Jatim Newsroom - Adalah Prasetio Mardi Utomo, salah seorang mantan Penerima Manfaat (PM) dari Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Dinas Soial Jawa Timur di Malang yang kini sukses membahagiakan orang tuanya dengan membelikan rumah. 

Prasetio yang asal dari Madiun ini, kini bekerja sebagai masseur di Panti Pijat Balai PMKS Sidoarjo setelah mendapat binaan serta mempelajari keterampilan pijat, dan lulus dari UPT RSBN Malang pada tahun 2021.

Pras, begitu panggilan akrabnya, mengalami kenetraan sejak kecil yang mengharuskan dia di operasi agar tetap bisa mempunyai fungsi penglihatan. Ayahnya yang hanya pegawai swasta dan ibu nya yang seorang buruh pabrik, akhirnya berpikir mencari jalan agar anak kesayangannya tersebut tetap bisa melihat.

Setelah melalui pemikiran yang panjang, akhirnya diputuskan lah untuk menjual rumah satu-satunya keluarga mereka sebagi biaya operasi implan mata sang anak. Sejak saat itu, kehidupan Pras dan keluarga mulai berpindah dari satu kontrakan ke kontrakan yang lain. Mata Pras memang tetap tidak bisa melihat seluruhnya secara jelas, namun masih ada sisa penglihatan. Sampai akhirnya Pras diberikan informasi untuk melanjutkan pelatihan keterampilan hidup ke UPT RSBN Malang.

Bergabung pada 2018, Pras yang biasanya belajar huruf latin, mulai mempelajari huruf braille dan juga berjalan dengan memakai tongkat. Dari pengalaman visual yang lalu, Pras cukup mudah beradaptasi dengan bimbingan ADL (Activity of Daily Living)  atau aktivitas sehari-hari. Di UPT RSBN Malang, Pras mendapat bimbingan dari Pekerja Sosial dan juga para instruktur. Meskipun kadang dengan aktivitas fisik, penglihatannya kadang menurun, tapi Pras tetap semangat untuk terus berlatih karena keinginannya untuk merubah nasib dan membahagiakan orang tua.

Setelah Pras lulus, dia langsung bergabung dan bekerja di Sidoarjo. Dari ketekunannya bekerja, Pras mulai menabung dengan tujuan utama yaitu membahagiakan orang tua dengan membelikan rumah. Pada 2022, Pras pun bisa membeli rumah walaupun dengan kredit sebagai hadiah untuk kedua orang tuanya karena sudah berkorban untuknya.

"RSBN memberikan saya ketrampilan yang bermanfaat untuk saya kembangkan. Selain itu, di sana tidak belajar mengenai pijat saja, tetapi banyak lagi keterampilan yang dapat menunjang kehidupan bagi temen-temen netra lainnya. Sukses selalu untuk RSBN. Terimakasih," ujar Pras.(her/s)

#jatim #dinsos