Jumat, 19 April 2024

Pranata Humas se-Jatim Siap Berkolaborasi Bangun Negeri

Diunggah pada : 15 Desember 2022 11:23:56 125
Bimbingan Teknis Pranata Humas tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (15/12/2022), di Kota Malang. Foto: Ghufron/JNR

Jatim Newsroom - Keberadaan pejabat fungsional pranata humas harus memiliki kontribusi nyata terhadap kinerja lembaga, sekaligus menjalankan aktivitas sebagai jabatan fungsional yang mandiri. Pranata humas juga harus memposisikan peran dan fungsi untuk mampu mengaktualisasikan diri pada tataran manajemen strategis, terutama di era Teknologi Informasi Komunikasi. 

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pranata Humas tahun 2022 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (15/12/2022), di Kota Malang.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Hudiyono, mengatakan pentingnya IKI (Inisiatif, Kolaboratif, dan Inovatif) dalam pranata humas mengemban tugas. 

"Apalagi di era digital yang serba cepat ini, kehumasan pemerintah harus membuat posisi dan strategi yang bisa mengimbangi kecepatan informasi," ujar Hudiyono dalam kegiatan yang dihadiri oleh pranata humas di Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota se-Jatim. 

Hudiyono menggarisbawahi tentang koordinasi dan konsolidasi antara pranata humas di pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. 

"Ini bagian penting dalam birokrasi pemerintahan. Potensi kawan-kawan kehumasan di pusat dan daerah ini luar biasa. Tinggal memformulasikan tata kelola yang linier dan bersinergi. Juga harus ada reward dan punishment, serta sertifikasi yang jelas," pesan Hudiyono. 

Sementara Sekretaris Diskominfo Jatim, Edi Supaji melaporkan bahwa kegiatan yang digelar secara luring dan daring ini diikuti oleh sekitar 75 orang. 

Setidaknya ada 3 (tiga) tujuan dari kegiatan ini. Pertama, untuk meningkatkan pemahaman dan persepsi tentang tugas pokok pranata humas, butir-butir kegiatan, dan angka kreditnya. 

Kedua, meningkatkan kompetensi bagi pejabat fungsional pranata humas dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pelayanan informasi dan kehumasan. 

"Kemudian yang terakhir adalah meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antara lembaga kehumasan," imbuh Edi. 

Kegiatan workshop ini menghadirkan narasumber, yaitu Pranata Humas Ahli Muda, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Firmansyah dan Ketua Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya, Maulina Pia Wulandari. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #Pranata Humas