Minggu, 14 Agustus 2022

PPIH Debarkasi Surabaya Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Bali - NTT

Diunggah pada : 2 Agustus 2022 14:21:47 21

Jatim Newsroom - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya telah bersiap untuk menyambut kedatangan jemaah haji dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali. Jemaah dari NTT dijadwalkan akan tiba pada 2 Agustus 2022, sedangkan jemaah dari Bali dijadwalkan tiba pada 5 Agustus 2022.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, ungkapkan kesiapan PPIH dalam menyambut kloter dari NTT dan Bali. "Ruangan sudah disiapkan," ujar Haris, dalam rilisnya, Selasa (2/8/2022).

"Dan kita juga tetap jaga sinergi antar sektor. Pantauan kesehatan tetap dilaksanakan dari BPBD, Dinas Kesehatan, serta KKP juga dari TNI dan Polri yang siaga untuk kedatangan jemaah haji termasuk dari NTT dan Bali," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi tentang kesiapan ruangan, Abdullah Mawardi, Plt. Kepala UPT Asrama Haji Surabaya telah menyiapkan ruangan untuk kedatangan jemaah NTT dan Bali.

"Kami sudah koordinasi dengan Kanwil Kemenag NTT. Akan ada 150 jemaah dari NTT yang akan menginap di Asrama Haji. Jumlah ini diluar jemaah yang mungkin terkonfirmasi positif covid," ujarnya.

Mawardi, menambahkan, ruangan yang akan dipakai oleh jemaah dari NTT adalah gedung A2, C1, C2, dan E2. Dan setiap kamar akan diisi 5 jemaah.

"Kita siapkan juga gedung B1 apabila ada yang positif dan isolasi," tuturnya.

Direncanakan, jemaah NTT akan menginap selama 2 hari di Asrama Haji sambil menunggu jadwal keberangkatan mereka melalui jalur laut. Jemaah NTT akan berangkat melalui pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 4 Agustus 2022.

Sedangkan jemaah dari Bali, Mawardi menjelaskan, belum ada konfirmasi apakah jemaah akan menginap atau langsung kembali ke daerahnya.

"Jemaah dari Bali selama ini tidak menginap. Langsung kembali ke daerahnya. Tapi kalau diperlukan untuk transit dan isolasi, akan kami siapkan," tuturnya.

Mengenai pantauan jemaah yang terpapar COVID 19, dari kloter 21 dan kloter 22 tidak ditemukan jemaah yang terkonfirmasi. (ghf/n)

#Haji #jamaah haji asal NTT #debarkasi surabaya #bali