Rabu, 24 April 2024

Porprov Jatim 2022, Surabaya Raih Tiga Emas di Cabor Panahan

Diunggah pada : 27 Juni 2022 9:39:20 378
Cabor Panahan saat bertanding pertama di stadion Magenda Bondowoso/Humas Panahan

Jatim Newsroom - Perolehan sementara untuk pertandingan panahan di Porprov VII Jatim 2022 di stadion Magenda Bondowoso, Kota  Kota Surabaya berhasil merebut tiga medali emas pada hari pertama, Minggu (26/6/2022). Tiga medali emas tersebut masing-masing direbut Putri Karina Rachmayanti dari nomor recurve women jarak 70 meter sesi 1 dengan poin 303 dan sesi 2 dengan poin 299. Medali perak direbut Maylinda dari Kabupaten Pasuruan.

Satu medali emas lagi dipersembahkan dari nomor rucurve mix team atas nama Putri Karina Rachmayanti dan Rhafsanjanie. Pasangan ini mengumpulkan poin 1.192. Medali perak direbut Kabupaten Pasuruan atas nama Mlinda dan Salman dengan total poin 1.184. Sedangkan dua medali perunggu Kota Surabaya diperoleh dari nomor recurve women jarak 70 meter atas nama Revalina Azara Putri, masing-masing untuk sesi 1 dan sesi 2.

Pelatih Tim Panahan Kota Surabaya Fani Andiyanto mengaku bersyukur. Sebab, meskipun ada satu medali emas yang lepas dari target, tapi 3 medali emas tersebut sudah cukup membuatnya puas. “Alhamdulillah, hari ini kita berhasil merebut 3 medali emas dan 2 medali perunggu. Mestinya ada 1 medali emas lagi yang mestinya bisa rebut, tapi ternyata lepas,” kata Fani Andiyanto dikonfirmasi, Senin (27/6/2022)

Menurut Fani, lepasnya target medali emas itu kemungkinan anak asuhannya grogi lantaran terlalu diunggulkan. Sebaliknya tim lawan, merasa percaya diri karena lawan yang dihadapi adalah atlet Kota Surabaya yang diunggulkan, sehingga on-fire. Untuk pertandingan berikutnya, atlet panahan Kota Surabaya akan turun lagi di nomor compound, Senin (27/6). Di nomor ini, Surabaya akan menurunkan 8 atlet, masing-masing 4 putra dan 4 putri.

Fani berharap tim panahan Kota Surabaya bisa merebut 3 medali emas lagi, sehingga target 6 medali emas yang dicanangkan pada Porprov VII Jatim 2022 bica tercapai. Target tersebut dianggap realistis karena pada Porprov VI Jatim 2019, tim panahan Kota Surabaya tampil sebagai juara umum dengan merebut 6 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu. “Sebenarnya KONI Kota Surabaya pada Porprov VII Jatim 2022 menargetkan 10 medali emas, tapi kita sendiri hanya pasang target 6 medali emas,” jelas Fani Andiyanto.

Sedangkan pesaing berat yang dihadapi, Fani menyebut Kota Malang, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Sidoarjo. “Kendati demikian, daerah lain juga tidak bisa kita pandang enteng. Sebab, kekuatan panahan saat ini sudah mulai merata di Jawa Timur,” pungkas Fani. (Pca/hjr)

#PORPROV Jatim