Jumat, 29 Maret 2024

PMWI Jatim Siap Dukung Pemerintah Tingkatkan Iklim Wirausaha

Diunggah pada : 15 Maret 2023 11:03:53 72
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom – Persatuan Mahasiswa Wirausaha Indonesia Jawa Timur (PMWI Jatim) menggelar pelantikan sekaligus rapat kerja, di Co-Working Space Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Selasa (14/3/2023). 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Andromeda Qomariah menyampaikan apresiasi kepada PMWI Jatim. Ia menyebut, Pemerintah Indonesia memiliki target membangun rasio wirausahawan baru hingga sebesar 3,9 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia. 

“Organisasi kewirausahaan seperti ini dapat mendukung iklim wirausaha agar semakin tumbuh dan berkembang, khususnya turut membantu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim yang memiliki tujuan dan peran penting dalam hal serupa,” ujarnya sebagaimana dipublikasikan dalam laman resmi Dinas Koperasi dan UKM Jatim. 

Andromeda pun berpesan kepada para pengurus PMWI Jatim yang baru dilantik agar organisasi ini dapat seterusnya membantu pemerintah dalam membentuk ekosistem wirausaha yang tangguh, terlebih di kalangan para generasi muda. 

“Kami berharap, PMWI dapat terus berkelanjutan untuk membantu percepatan pertumbuhan wirausaha di Jawa Timur serta menghasilkan kolaborasi-kolaborasi ekonomi yang ideal,” kata Kadis Andromeda. 

Adapun Sekretaris Jenderal DPP PMWI, Triyana Purnama turut hadir mewakili Ketua Umum PMWI Pusat. Ia menerangkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Timur memiliki rasio hingga 71,65 persen penduduk dengan usia produktif. Artinya, bonus demografi ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan jika tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin. 

Oleh sebab itu, DPD PMWI Jawa Timur dibentuk sebagai lokomotif pergerakan wirausaha muda Provinsi Jatim yang senantiasa membuka ruang-ruang kolaborasi dengan pihak manapun, termasuk dengan Pemerintah Provinsi sebagai mitra strategisnya. “Dengan pelantikan pengurus baru dan raker ini semoga dapat menjadi pintu awal dari segala gerakan ekonomi kerakyatan dimulai,” imbuh Triyana.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD PMWI Jatim, Bagas menyampaikan organisasi PMWI sendiri lahir dari keresahan dan keinginan para pimpinan di perguruan tinggi yang menginginkan adanya wadah untuk para mahasiswa wirausahawan. 

Oleh karena itu, PMWI hadir dan membentuk kepengurusan di tiap daerah sebagai tempat bernaung seluruh mahasiswa wirausaha Indonesia. “Agar ke depannya dapat membantu membuka peluang berjejaring serta meningkatkan ekonomi di kalangan para wirausahawan muda,” tutur Bagas. (idc/n)

#wirausaha #Diskop-UKM Jatim #Persatuan Mahasiswa Wirausaha Indonesia